Cabup Mimika dari Perindo Maximus Tipagau Janji Sinergikan Seluruh Potensi

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 14:09 WIB
loading...
Cabup Mimika dari Perindo...
Calon Bupati (Cabup) Mimika 2024-2029 Maximus Tipagau menjelaskan visi-misi yang ia usung untuk membawa perubahan di Kabupaten Mimika. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Calon Bupati (Cabup) Mimika 2024-2029 Maximus Tipagau menjelaskan visi-misi yang ia usung untuk membawa perubahan di Kabupaten Mimika. Ia bertekad menjadikan Mimika sebagai kabupaten yang mandiri secara ekonomi dengan mengedepankan kerja sama antara pemerintah daerah dan perusahaan swasta.

Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Mimika tersebut menilai, selama ini sinergi yang seharusnya terjadi antara pemerintah dan swasta belum berjalan optimal. Maximus berkomitmen agar aliran anggaran yang ada benar-benar sampai kepada masyarakat melalui program yang mendukung sektor pendidikan, kesehatan, dan perumahan yang layak.

"Saya ingin kita sinergi antara swasta dan pemerintah daerah. Karena menurut saya mungkin pemerintah, dengan biaya begitu besar, jalan sendiri, perusahaan jalan sendiri. Jadi sasaran kepada masyarakatnya tidak begitu secara baik. Contoh tentang pendidikan, kesehatan, perumahan masyarakat di dalamnya harus ada air bersih, ada energi listrik," ujarnya kepada media di Jakarta, Jumat (18/8/2024).

Maximus menekankan, pentingnya pendidikan dan kesehatan gratis untuk masyarakat, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah terpencil. Oleh karena itu, Maximus, bersama Peggi Patricia Pattipi sebagai calon wakil bupati Mimika, berkomitmen untuk menyalurkan dana pembangunan secara maksimal untuk kebutuhan masyarakat lokal.



"Kami optimis, bisa menyelenggarakan pendidikan gratis, kesehatan gratis, air minum itu bagian dari kehidupan yang harusnya gratis," tegas Maximus.

Selain itu, ia berencana untuk membangun fasilitas publik yang memadai seperti sekolah, klinik, dan pusat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Putra dari panglima perang Suku Moni itu percaya bahwa pembangunan infrastruktur yang inklusif akan meningkatkan kesejahteraan warga setempat.

Dalam visinya, Maximus juga ingin mengubah Mimika menjadi pusat industri jasa di Papua dengan menekankan pembangunan pelabuhan internasional.

Ia yakin bahwa dengan adanya pelabuhan ini, Mimika dapat menjadi pusat distribusi logistik di Papua, yang tidak hanya akan mengurangi biaya pengiriman, tetapi juga menciptakan peluang ekonomi baru bagi penduduk setempat.

Maximus menyatakan bahwa infrastruktur ini tidak hanya akan menguntungkan Mimika, tetapi juga berpotensi memperkuat konektivitas antara daerah-daerah lain di Papua.

Pembangunan pelabuhan internasional, menurut Maximus, adalah salah satu kunci penting untuk membuka pintu investasi baru dan memperluas jangkauan ekspor produk-produk asli Papua.

"Kita ingin bangun kota ini (Timika/Ibu Kota Mimika) kota jasa industri supaya New York-nya Amerika itu ada di Timika. Karena apa? Tambangnya semua ada di sana," jelas Maximus.

Maximus juga memiliki rencana dalam memberdayakan pengusaha lokal, terutama pengusaha asli Papua. Sebagai seorang calon pemimpin yang memiliki latar belakang pengusaha, Maximus menyatakan komitmennya untuk menciptakan program khusus yang akan mendukung dan melatih seratus pengusaha asli Papua melalui alokasi APBD Mimika yang mencapai Rp7,5 triliun.

Melalui program ini, Maximus berharap dapat menciptakan lapangan kerja baru, mengurangi ketergantungan pada Freeport, dan memperkuat ekonomi lokal.

“Saya ingin sukseskan seratus pengusaha orang asli Papua dengan caranya kita punya uang Rp7,5 triliun, Rp1-2 triliun kita buat peraturan khusus untuk lelang khusus orang Papua supaya kita bina jadi pengusaha, mitra kerja dengan pemerintah Kabupaten Mimika, sehingga kita bisa kerja sama dengan Badan Pemeriksa Keuangan dan membuat pelaporan keuangannya dan bagaimana mereka untung, bagaimana mereka menyimpang, dan bagaimana mereka investasi lagi,” ungkap Maximus.

Melalui visi-misi yang ia usung, Maximus berharap dapat menghadirkan perubahan nyata bagi masyarakat Mimika, menjadikannya sebagai pusat kemajuan di Papua dan sebagai daerah yang mampu mengelola sumber daya alamnya dengan bijaksana untuk kesejahteraan bersama.

Sebagai informasi, Maximus saat ini didukung oleh tujuh partai politik untuk maju sebagai Calon Bupati Mimika 2024. Tujuh partai politik tersebut di antaranya, Partai Gerindra, Golkar, PKB, Nasdem, Perindo, Hanura, dan PAN.

Penulis buku “Maximus Gladiator Papua” itu didampingi oleh Peggi Patricia Pattipi sebagai Calon Wakil Bupati Mimika. Peggi yang merupakan putri dari mantan Gubernur Papua ke-10, Jacob Pattipi, membawa angin segar bagi tim pemenangan Maximus karena dikenal berkomitmen pada isu-isu perempuan dan anak, serta aktif dalam kegiatan sosial dan pemberdayaan masyarakat.
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0839 seconds (0.1#10.140)