Bersama Aiman Witjaksono, Refly Harun, Rocky Gerung, dan Narasumber Kredibel di Rakyat Bersuara Hantu Kotak Kosong Pilkada Jakarta Malam Ini Hanya di iNews

Selasa, 13 Agustus 2024 - 16:57 WIB
loading...
Bersama Aiman Witjaksono,...
Bersama Aiman Witjaksono, Refly Harun, Rocky Gerung, dan Narasumber Kredibel di Rakyat Bersuara Hantu Kotak Kosong Pilkada Jakarta Malam Ini Hanya di iNews
A A A
JAKARTA - Fenomena “Hantu Kotak Kosong” jelang Pilkada Jakarta kian menyeruak di kalangan masyarakat luas. Fenomena ini menjadi perhatian serius bagi bagi penyelenggara pemilu, partai politik, dan masyarakat luas, mengingat dampaknya pada demokrasi dan representasi politik di ibu kota.

Fenomena ini akan dibahas di Rakyat Bersuara malam ini bersama Aiman Witjaksono, Riko Lesiangi, Ahmad Riza Patria, Rocky Gerung, dan narasumber kredibel lainnya.

Istilah "Hantu Kotak Kosong" muncul ketika hanya satu pasangan calon yang lolos verifikasi dalam pilkada, tidak ada lawan dari partai lain yang cukup memenuhi syarat untuk maju. Hal ini membuat pemilih dihadapkan pada dua pilihan, yakni memilih pasangan calon yang ada atau memilih kotak kosong. Jika kotak kosong menang, maka proses pemilihan akan diulang.

Potensi kehadiran kotak kosong dalam Pilkada Jakarta 2024 menimbulkan perdebatan mengenai kualitas demokrasi. Pilkada yang sehat seharusnya diisi oleh persaingan antarkandidat yang menawarkan berbagai alternatif kebijakan dan visi pembangunan.

Baca Juga: Menerka Pendamping dan Lawan Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta

Ketika pilihan hanya jatuh antara satu pasangan calon dan kotak kosong, ruang bagi pemilih untuk mempertimbangkan berbagai opsi menjadi terbatas. Para pengamat politik menilai, kondisi ini dapat mengurangi semangat partisipasi pemilih.

Masyarakat yang merasa pilihan mereka terbatas mungkin akan memilih untuk tidak menggunakan hak pilihnya, yang pada akhirnya dapat menurunkan angka partisipasi pemilu. Selain itu, hal ini juga menimbulkan kekhawatiran mengenai legitimasi calon yang terpilih jika persentase suara yang memilih kotak kosong cukup signifikan. Penasaran bagaimana para pakar di bidang politik membahas mendalam soal hantu kotak kosong ini?

Jangan lewatkan Dialog Spesial Rakyat Bersuara "Hantu Kotak Kosong Pilkada Jakarta", bersama para narasumber, Riko Lesiangi-Politisi Partai Golkar, Ahmad Riza Patria-Ketua DPD Gerindra Jakarta, Syaiful Huda-Wasekjen PKB, Refly Harun-Pakar Hukum Tata Negara, Faizal Assegaf-Aktivis/Kritikus Politik, Rocky Gerung-Akademisi, malam ini pukul 19.00 WIB, Live hanya di iNews.
(zik)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1339 seconds (0.1#10.140)