Jokowi: IKN Contoh Kota yang Dibangun dengan Konsep Masa Depan

Selasa, 13 Agustus 2024 - 10:54 WIB
loading...
Jokowi: IKN Contoh Kota...
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan contoh kota yang dibangun dengan rencana dan konsep masa depan. Foto/Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan contoh kota yang dibangun dengan rencana dan konsep masa depan.

"Saya Ingin menyampaikan bahwa IKN ini adalah contoh kota masa depan yang dibangun dengan rencana dan konsep untuk masa depan. Konsepnya forest city jadi kita hutan bukan kota beton," ujar Jokowi dalam arahannya pada Kepala Daerah Seluruh Indonesia di IKN, Kalimantan Timur, Selasa (13/8/2024).



Jokowi berharap kepada daerah dapat merencanakan dan mengonsep kotanya untuk dijadikan kota seperti apa. Jokowi mencontohkan bahwa ada kota di California yang khusus untuk golf saja.

Di sana memiliki 37 padang golf. Lalu di North Caroline ada kota yang khusus menjual mabel, padahal Indonesia juga memiliki kota yang sama.

"Ini kita sebetulnya punya kekuatan besar Jepara Pak Bupati Jepara ada? Bisa dikonsep desain sejak awal. Meskipun tidak selesai mungkin dalam satu periode bupati atau dua periode bupati tetapi perencanaannya harus ada dan detail hingga matang," ungkapnya.

Jokowi menjelaskan bahwa konsep smart city seluruh aktivitasnya akan ditopang oleh teknologi. Diharapkan IKN dapat menjadi livable city atau kota yang nyaman untuk ditinggali.



"Sehingga ini akan menjadi livable city kota yang nyaman untuk ditinggali. Saya kira seluruh provinsi yang kita miliki seluruh kabupaten yang kita miliki seluruh kota yang kita miliki mestinya arahnya ke sana," tandasnya.
(kri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0654 seconds (0.1#10.140)