Profil dan Riwayat Politik Airlangga Hartarto, Sosok yang Baru Mundur dari Kursi Ketum Golkar

Senin, 12 Agustus 2024 - 18:32 WIB
loading...
Profil dan Riwayat Politik...
Airlangga Hartarto mundur dari posisinya sebagai Ketua Umum Partai Golkar. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Airlangga Hartarto mengumumkan mundur dari posisinya sebagai Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar . Jabatan Ketum Golkar sendiri telah diemban olehnya sejak 2017 lalu.

Alasan mundurnya Airlangga dari posisi itu masih belum jelas. Namun Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menyebutkan jika mundurnya dia dari jabatan tersebut disebabkan karena alasan pribadi.

Sementara, Airlangga Hartarto mengungkap alasan mengundurkan diri demi menjaga stabilitas pemerintahan dan keutuhan Golkar. Keputusan mundur ini disebut telah diambilnya setelah rapat bersama keluarga.


Profil Airlangga Hartarto

Airlangga Hartarto bukanlah sosok yang asing di panggung politik Indonesia. Ia lahir pada 1 Oktober 1962, di Surabaya, Jawa Timur.

Dalam riwayat pendidikannya, Airlangga tercatat pernah menimba ilmu di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM). Ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke AMP Wharton School pada Universitas Pennsylvania di Philadelphia, Amerika Serikat dan lulus di tahun 1993.

Airlangga mendapatkan gelar MBA dari Universitas Monash, Australia tahun 1996 dan Master of Management Technology (MMT) dari Universitas Melbourne, Australia, tahun 1997.

Setelah itu, dirinya sukses menerima gelar Honorary Doctorate in Development Policy dari The Korea Development Institute (KDI) School of Public Policy and Management di Korea Selatan pada tahun 2019.

Dirinya juga menerima gelar Doctor Honoris Caussa di bidang Manajemen Olahraga dari Universitas Negeri Semarang pada 2020.

Sebelum terjun ke politik, ia sempat bekerja sebagai Presiden Komisaris PT Fajar Surya Wisesa Tbk, Bekasi tahun 1978, Presiden Komisaris PT Ciptadana Sekuritas di 1994, dan Presiden Direktur PT Bisma Narendra pada 1994.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1013 seconds (0.1#10.140)