5 Peran Pelajar Menyambut HUT RI

Minggu, 11 Agustus 2024 - 11:53 WIB
loading...
5 Peran Pelajar Menyambut...
Peran pelajar dalam menyambut HUT RI penting diketahui oleh masyarakat luas, utamanya para siswa. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Peran pelajar dalam menyambut HUT RI penting diketahui oleh masyarakat luas, utamanya para siswa. Kurang dari sepekan lagi Indonesia akan memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan, tepatnya pada 17 Agustus 2024.

Hari Kemerdekaan sangat penting untuk diperingati. Sebab, pada hari itu Indonesia mendapatkan kebebasan dan lepas dari penjajahan. Tidak sedikit para pendahulu mengorbankan nyawanya demi Indonesia merdeka.

Proklamasi Kemerdekaan RI diucapkan pada 17 Agustus 1945 oleh Soekarno-Hatta yang kemudian menjadi Presiden dan Wakil Presiden pertama RI.



Meski telah merdeka 79 tahun, tapi Indonesia masih banyak yang perlu dibenahi. Dibutuhkan peran generasi muda, termasuk pelajar untuk mengisi kemerdekaan dan membawa Indonesia ke arah yang lebih baik lagi. Sebab, tantangan yang dihadapi Indonesia tidak mudah dan meliputi berbagai bidang dari mulai ekonomi, sosial, hingga teknologi.

Lalu bagaimana peran pelajar dalam mengisi kemerdekaan di era digital saat ini?Berikut ini peran pelajar menyambut HUT Kemerdekaan RI yang dikutip SINDOnews dari situs resmi DJKN Kemenkeu.

Peran Pelajar Menyambut HUT RI

1. Saling Menghormati dan Menghargai Sesama Anak Bangsa

Para pelajar pasti menggunakan media sosial sebagai pembelajaran maupun aktivitas hiburan. Namun perlu dicatat, saat ini banyak sekali ditemukan fenomena saling serang komentar dan saling ejek satu sama lain di media sosial.

Karena itu, para pelajar didorong selalu menumbuhkan rasa sikap saling menghormati dan saling menghargai antarsesama.

2. Jangan Menyebarkan Informasi yang Salah

Di era digital, penyebaran informasi semakin mudah. Namun terkadang informasi yang tersebar salah. Para pemuda harus lebih pintar dalam menyaring informasi agar tidak terjerumus pada dampak negatif dari perkembangan teknologi.

3. Cinta Tanah Air

Di era digital saat ini terjadi perubahan dari sisi budaya. Deengan adanya rasa cinta tanah air, diharapkan tetap melestarikan budaya Indonesia di tengah banyak budaya modern yang merajalela.

4. Cinta Produk Dalam Negeri

Cinta produk dalam negeri adalah dorongan untuk membeli dan mendukung produk-produk yang diproduksi di dalam negeri. Presiden Jokowi kerap mengkampanyekan kepada untuk menggunakan hasil karya anak bangsa dan tidak memakai pakai produk luar negeri.

5. Inovasi dan Kreativitas

Pelajar dapat memanfaatkan teknologi untuk menciptakan aplikasi, website, atau proyek digital yang mendukung pelestarian budaya dan nilai-nilai kemerdekaan. Inovasi ini bisa membantu menyebarluaskan pengetahuan dan memperkuat identitas nasional.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1550 seconds (0.1#10.140)