alexametrics

Wawancara dengan Konjen Amerika Serikat di Jeddah, Ryan M Gliha

Kami Ingin Makin Banyak yang Berhaji dari Amerika

loading...
Kami Ingin Makin Banyak yang Berhaji dari Amerika
Konsul Jenderal Amerika Serikat di Jeddah, Ryan M Gliha. Foto/MCH/Darmawan
A+ A-
JEDDAH - AMERIKA Serikat dan Islam sering kali diposisikan dalam dua kutub yang berbeda. Dianggap saling berseberangan dan bertolak belakang. Bahkan banyak yang menganggap keduanya bermusuhan.

Padahal dalam kenyataannya tidak selalu demikian. Itu bisa ditunjukkan dalam pelaksanaan ibadah haji yang baru saja selesai dilalui.
Tak kurang dari 20.000 muslim asal Amerika Serikat berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan rukun Islam yang kelima tersebut. Jika tidak ada dukungan penuh dari Pemerintah Amerika Serikat tentu hal itu sulit untuk terjadi.

Sebenarnya bagaimana perkembangan Islam di Amerika Serikat dan alur muslim AS bisa melaksanakan ibadah haji? Berikut ini wawancara tim Media Center Haji (MCH) dengan Konsul Jenderal Amerika Serikat di Jeddah, Ryan M Gliha, beberapa waktu lalu:

Bagaimana perkembangan muslim di Amerika saat ini?

Amerika sudah mempunyai warga negara beragama Islam sejak abad ke-18 dan populasi muslim terus tumbuh sejak saat itu. Namun saya tidak tahu angka pastinya, mungkin sekitar 5-6 juta muslim yang berada di seluruh wilayah Amerika. Mereka berada di seluruh wilayah AS dengan berbagai latar belakang negara, seperti Indonesia, Asia Selatan, dan orang-orang yang mungkin baru memeluk Islam.

Berapa jumlah warga AS yang pergi berhaji setiap tahun?

Di Amerika kami memiliki sekitar 20.000 orang yang mendaftar untuk melaksanakan ibadah haji setiap tahun. Jauh lebih sedikit dari Indonesia yang (jumlah jamaah hajinya) sekitar 200.000 orang, menjadi negara terbesar yang mengirimkan jamaah haji ke Arab Saudi setiap tahun. Tapi (jumlah jamaah haji) itu tergantung dengan permintaan atau yang mendaftar. Kami memiliki 2 operator atau perusahaan yang menawarkan jasa pelayanan haji. Selama masih ada yang mendaftar, operator tersebut akan melayani kepergian jamaah haji. Kami berharap makin banyak yang pergi berhaji dari Amerika.

Apakah ada kuota jamaah haji yang diberikan Pemerintah Arab Saudi untuk Amerika Serikat?

Tidak ada kuota, karena tidak semua negara merupakan anggota OIC, Organization of Islamic Cooporation. Jadi tidak ada kuota, tapi lebih berdasarkan kepada kapasitas agen perjalanan. Dan sekarang itu di dari Amerika kuotanya sekitar 20.000 jamaah haji.

Bagaimana prosedur mendaftar haji di Amerika?

Pergi berhaji dari Amerika sangat mudah, tinggal masuk ke website Kementerian Haji dan mengikuti instruksi. Lalu pilih operator agen perjalanan, mereka yang mengurus aplikasi visa dan berbagai hal lain. Jadi prosesnya sangat mudah. Pemerintah Amerika Serikat tidak mempunyai aturan tentang itu (haji).



Kami (Konjen AS) akan mengurus begitu jamaah haji sampai di sini, seperti aplikasi pendaftaran izin, prosesnya sangat mudah. Jadi hanya itu yang dijalani oleh jamaah haji (dari Amerika Serikat).

Berapa lama pengurusan pendaftaran ibadah haji?

Saya tidak tahu karena itu berdasarkan operator.

Apakah ada kendala dalam proses haji?

Saya pikir sejauh ini tidak ada kendala dalam pengiriman jamaah haji dari Amerika Serikat ke Arab Saudi. Sebab prosesnya mudah. Kami berharap kapasitas jamaah haji yang pergi (haji) terus bertambah. Tahun ini kami baru mengetahui kalau ada 1 operator pesawat khusus untuk jamaah haji sejak pertama kali (bergulir) pada 1997. Kami mempunyai penerbangan langsung dari Amerika dari Saudi Arabia untuk program haji jadi menurut kami peluangnya adalah ini menjadi peluang untuk menambah jumlah jamaah haji Amerika untuk berhaji.

Kami ingin memberikan dukungan kepada seluruh warga negara Amerika apa pun yang mereka ingin lakukan. Kami melakukan untuk merefleksikan kebebasan keagamaan mereka karena populasi muslim Amerika kami anggap penting bagian dari komunitas warga kami kami senang melihat warga Amerika tidak hanya yang hidup di Amerika tapi juga yang bepergian atau melaksanakan ibadah haji.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak