Mengenang Hamzah Haz Wapres Ke-9 RI ketika Jabat Menteri

Rabu, 24 Juli 2024 - 11:13 WIB
loading...
Mengenang Hamzah Haz...
Wakil Presiden (Wapres) ke-9 RI Hamzah Haz meninggal dunia, hari ini, Rabu (24/7/2024). Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) ke-9 RI Hamzah Haz meninggal dunia, hari ini, Rabu (24/7/2024). Hamzah Haz meninggal pada usia 84 tahun.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah wafat DR KH Hamzah Haz pada jam 09.30 di Klinik Tegalan,” tulis pesan yang diterima SINDOnews.



Hamzah Haz merupakan politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang menjabat sebagai Wapres mendampingi Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri yang menjabat periode 2001-2004.

Sebelum menjabat Wapres, Hamzah Haz berada di kabinet Presiden BJ Habibie sebagai Menteri Negara Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Namun, dia didesak mundur oleh masyarakat yang menghendaki ketua parpol tidak menerima jabatan sebagai menteri. Selanjutnya, dia terpilih sebagai Wakil Ketua DPR periode 1999-2004.

Saat RI-1 berganti dari BJ Habibie ke Presiden KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Hamzah Haz diminta bergabung untuk menjabat Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Pengentasan Kemiskinan. Jabatan tersebut dia terima, namun hanya berlangsung 1 bulan saja.

Seperti ketika era BJ Habibie, muncul desakan masyarakat dengan alasan sama seperti sebelumnya. Dia mundur dan kembali fokus dengan PPP sampai akhirnya terpilih lagi sebagai Wapresnya Megawati.

Diketahui, Hamzah Haz merupakan Ketua Umum PPP yang merupakan hasil penggabungan dari 4 partai Islam semasa Orde Baru yaitu PSII, Parmusi, NU, dan PERTI.

Hamzah Haz kelahiran Ketapang, Kalimantan Barat, 15 Februari 1940 itu dikarunia 12 anak yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 8 anak perempuan.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1440 seconds (0.1#10.140)