Airlangga Sebut Kebaya Simbol Ekonomi Kerakyatan

Selasa, 23 Juli 2024 - 22:03 WIB
loading...
Airlangga Sebut Kebaya...
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto berfoto bersama usai membuka Kowani Expo di Jakarta, Selasa (23/7/2024). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menilai kebaya merupakan simbol ekonomi kerakyatan. Kebaya 100% berasal dari kandungan lokal.

"Kami lihat kebaya bukan hanya sebagai aset budaya bangsa, tetapi juga simbol industri pakaian atau tekstil dalam negeri, karena industri kebaya memiliki kandungan konten lokalnya mencapai 100%," kata Airlangga saat membuka Kowani Expo di Jakarta, Selasa (23/7/2024).

Airlangga menjelaskan kebaya dan pendukungnya dibuat secara manual dengan menggunakan alat yang masih tradisional atau bukan pabrikan. Kebaya juga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya para perempuan.

Baca Juga: Potret Parade dan Peragaan Busana Hari Kebaya Nasional

"Kebaya bukan hanya pakaian, tetapi juga simbol ekonomi kerakyatan," kata Airlangga.

Dalam kesempatan itu, Airlangga mengapresiasi para perempuan Indonesia yang mampu meningkatkan perekonomian bangsa melalui kebaya dan aksesoris pendukungnya. Pihaknya terus mendorong agar kebaya dapat menembus pasar ekspor. Pemerintah juga turut membantu dengan menyediakan kredit usaha rakyat, yang mana untuk pinjaman hingga Rp100 juta tidak perlu adanya jaminan.

"Pemerintah menyediakan dana hingga Rp270 triliun untuk membantu UMKM agar naik kelas," terang dia lagi.

Airlangga juga mendorong perempuan Indonesia meningkatkan keahliannya melalui kartu prakerja yang sudah disediakan oleh pemerintah. Sehingga keahlian yang dimiliki tetap relevan dengan kebutuhan saat ini.

Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani), Giwo Rubianto Wiyogo, mengatakan Kowani Expo merupakan rangkaian acara puncak Hari Kebaya Nasional yang akan diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta pada 24 Juli 2024.

Giwo menambahkan peringatan Hari Kebaya Nasional diselenggarakan untuk pertama kalinya pada tahun ini, seiring dengan terbitnya Kepres 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional. Pelaksanaan Hari Kebaya Nasional mengusung tema “Lestarikan Budaya dengan Bangga Berkebaya”.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1417 seconds (0.1#10.140)