Lemhannas Tempa Kekompakan hingga Toleransi 76 Paskibraka Tingkat Pusat di Cibubur

Sabtu, 20 Juli 2024 - 11:30 WIB
loading...
Lemhannas Tempa Kekompakan...
Sebanyak 76 calon Paskibraka Tingkat Pusat Tahun 2024 melatih kekompakan hingga toleransi di Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan Cibubur, Jawa Barat, Sabtu (20/7/2024). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebanyak 76 calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Pusat Tahun 2024 melatih kekompakan hingga toleransi. Outbound tersebut berlangsung di Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan Cibubur, Jawa Barat, Sabtu (20/7/2024).

Dari pantauan SINDOnews, hingga pukul 10.00 WIB agenda outbound masih berlangsung. Outbound tersebut terdiri dari berbagai kegiatan kekompakan di antaranya senam ekspresi yang mengekspresikan mimik muka para Capaska dengan menirukan tari kecak dari Bali. Selanjutnya, membentuk kelompok dengan menirukan Patung Dirgantara atau dikenal Patung Pancoran, juga membuat yel-yel kelompok dalam waktu singkat.



Pada kesempatan itu, fasilitator acara outbound dari Lemhannas, Alvin mengungkapkan makna dalam kegiatan outbound kali ini. Dia mengingatkan kepada Capaska untuk menjunjung tinggi sportivitas.

“Bahwa meskipun kita berkompetisi tapi jangan lupa kita juga harus menjunjung tinggi sportivitas dan perhatikan baik-baik keamanan dalam apa pun kegiatannya. Tadi terlihat kan, saking cepat-cepat ingin mendapatkan peran itu menghalalkan segala cara, sikut sana, sikut sini biar dapat segera mendapatkan peran,” ujar Alvin di depan 76 calon Paskibraka.

Selain itu, Alvin mengatakan agar para Capaska harus menjunjung tinggi toleransi dalam bermasyarakat. “Nah dalam bermasyarakat, ingat kita juga harus bertoleransi. Jadi ketika kita melihat bahwa ada orang lain mendapatkan peran itu, maka bertoleransilah, sportiflah melihat hal tersebut, dan jangan lupa dalam proses ada menang dan kalah.”

“Jadi jangan selalu kita menjadi yang terbaik tapi dengan cara yang kurang baik. Maka, ke depan lakukan yang terbaik yang mampu dipersembahkan tetapi menjunjung tinggi nilai-nilai yang kita pegang. Ingat, empat konsensus dasar kita ini, ini merupakan landasan yang akan kita pakai dalam berkegiatan,” pungkasnya.

Sementara itu, Capaska asal Bangka Belitung bernama Loris Akbar Djailanie mengatakan bahwa outbound kali ini meningkatkan kekompakan. “Ada lampu merah, lampu kuning, lampu hijau itu untuk meningkatkan kekompakan dan juga teman-teman bisa memilih dan memilah teman yang bisa didapatkan untuk satu tim.”

Kemudian, Capaska dari Kepulauan Riau Hasya Danirmala Putri Athadira mengatakan dengan senam ekspresi yang telah dilakukan bertujuan untuk membantu lebih terbuka dengan sesama Capaska. “Aktivitas pertama dimana kita berkegiatan senam ekspresi, itu membantu kita mengekspresikan rasa kita. Namun juga membantu kita untuk terbuka dan lebih nyaman dengan teman-teman kita di sekitar.”

“Kegiatan selanjutnya, itu membuat kita gampang lebih menerima dan terbuka untuk join dengan siapa saja, untuk gampang beradaptasi. Lalu, juga somehow juga bisa menerima kekalahan,” sambung Hasya.



Diketahui, kegiatan kali ini merupakan rangkaian kegiatan pembekalan pembelajaran aktif pembinaan ideologi Pancasila dan pembekalan nilai-nilai kebangsaan sebelum nantinya diberangkatkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk melaksanakan tugas pengibaran Sang Merah Putih pada Upacara Peringatan HUT ke-79 RI Tahun 2024.
(kri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2095 seconds (0.1#10.140)