Megawati Bahas Isu Perdamaian Dunia saat Bertemu Imam Besar Al Azhar

Kamis, 11 Juli 2024 - 22:03 WIB
loading...
Megawati Bahas Isu Perdamaian...
Presiden ke-5 Republik Indonesia (RI) Megawati Soekarnoputri melakukan pertemuan dengan Imam Besar Al Azhar Ahmed El-Tayeb, Kamis (11/7/2024). FOTO/FELLDY UTAMA
A A A
JAKARTA - Presiden ke-5 Republik Indonesia (RI) Megawati Soekarnoputri melakukan pertemuan dengan Grand SyekhAl Azhar Ahmed El-Tayeb, Kamis (11/7/2024). Untuk diketahui Imam Besar Al Azhar tengah berada di Indonesia saat ini.

Dalam perbincangan, Megawati turut mengapresiasi inisiatif dan prakarsa Imam Besar Al Azhar bersama Paus Fransiskus dalam melahirkan Piagam Human Fraternity, yang ditindaklanjuti dengan inisiatif pendirian Zayed Award for Human Fraternity (ZAHF).

"Langkah ini telah memperkuat upaya untuk menegakkan nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan secara global," kata Megawati dalam keterangannya, Kamis (11/7/2024).



Megawati turut menyampaikan ucapan terima kasih secara khusus kepada Imam Besar Al Azhar yang telah berkenan memberikan kepercayaan kepada-nya sebagai salah satu Dewan Juri Zayed Award for Human Fraternity 2024.

Dia mengatakan, dialog dengan Imam Besar Al Azhar sangat bermanfaat bagi dirinya. Apalagi bisa secara panjang lebar menyampaikan pemikirannya dan mendapat sambutan positif. "Saya terhormat bisa bertemu. Bagaimana kita bersama-sama dalam perdamaian dunia mengembalikan marwah kemanusiaan dari sisi kehidupan," ujarnya.

Sementara, Imam Besar Al Azhar Ahmed El-Tayeb dalam perbincangan tersebut mengaku sangat setuju dengan ide dan pemikiran apa yang disampaikan Megawati tersebut. "Itu juga sangat kami rasakan. Kami butuh nasihat dan masukan dari Ibu Mega," balas Imam Besar Al Azhar.



"Ibu Megawati senang pertemuan ini. Saya lebih senang lagi. Saya akan disampaikan ke Presiden Mesir hasil pertemuan ini," lanjut El-Tayeb.

Usai pertukaran cindera mata, Megawati meminta izin kepada El Tayeb apakah untuk saling menjabat tangan dan berpose bersama. Dengan senyum, Imam Besar Al Azar mengangguk dan menjabat erat tangan Megawati.

Dalam pertemuan ini, Megawati didampingi Ketua DPP PDIP Bidang Luar Negeri Ahmad Basarah, ulama dan cendekiawan Islam Prof Quraish Shibab, mantan Dubes Indonesia untuk Mesir Helmy Fauzy dan tokoh muda Islam Ali Hasan Bahar serta Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi. Sementara Imam Besar Al Azhar bersama Sekjen Zayed Mohamed Abdelsalam.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1367 seconds (0.1#10.140)