Menteri PUPR Setop Pekerjaan Konstruksi IKN Mulai 10 Agustus 2024

Selasa, 09 Juli 2024 - 21:39 WIB
loading...
Menteri PUPR Setop Pekerjaan...
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Wapres Maruf Amin memberikan keterangan pers usai meresmikan Tol Cimanggis-Cibitung di Provinsi Jabar, Selasa (9/7/2024). FOTO/MPI/BINTI MUFARIDA
A A A
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan akan menghentikan pekerjaan konstruksi di kawasan Ibu Kota Nusantara ( IKN ) mulai 10 Agustus 2024. Penghentian pekerjaan konstruksi sebagai persiapan upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di IKN.

Basuki mengatakan, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) mulai 10 Agustus 2024 akan menuju ke IKN untuk persiapan upacara. Dia memastikan pada saat itu semua tower siap digunakan untuk peserta upacara.

"InsyaAllah (tower) akan selesai furnish, sehingga itu bisa dimanfaatkan oleh peserta upacara, tanggal 10 Agustus semua Paskibraka sudah bergerak ke sana. Makanya tanggal 10 Agustus saya hentikan semua pekerjaan yang membutuhkan mobilitas di luar. Semua berhenti karena saya bersihkan dulu kawasannya," kata Basuki usai mendampingi Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meresmikan Tol Cimanggis-Cibitung, di Provinsi Jawa Barat (Jabar), Selasa (9/7/2024).



Pada kesempatan itu, Basuki mengatakan Upacara 17 Agustus 2024 akan digelar di dua tempat yakni di Istana Negara Jakarta dan IKN. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden terpilih Prabowo Subianto akan mengikuti upacara kemerdekaan di IKN. Sementara Istana Negara Jakarta akan digunakan oleh Wapres Ma'ruf Amin dan Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka.

"Jadi IKN, sesuai dengan rencana dari Pak Setneg dan Pak Kasetpres memang 17 Agustusan dilakukan di dua tempat di IKN dan di Jakarta. Di Jakarta akan dipimpin oleh Pak Wapres dan Wapres terpilih. Sedangkan di IKN oleh Pak Presiden dan Presiden terpilih," kata Basuki.

Ia memastikan sarana dan prasarana di IKN akan selesai pada Juli 2024 yakni Kantor dan Istana Presiden maupun juga Kantor para Menteri Koordinator. "Kami saya dari Kementerian PUPR bertanggung jawab untuk menyiapkan prasarananya ya, sampai sekarang prasarananya insyaAllah nanti pada Juli ini sudah akan selesai," katanya.



"Jadi kantor Presiden, Istana Presiden kantor-kantor Menko yang 4 lantai dari 4 tower, 3 Lantai sudah siap bahkan nanti dipakai untuk para petugas dan peserta upacara, lapangan upacara sudah selesai," ujar Basuki.

"Jadi intinya insyaAllah prasarana untuk kesiapan 17 Agustusan sudah siap pada Juli ini," katanya.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1488 seconds (0.1#10.140)