Profil Bambang Sunarwibowo, Jenderal Bintang 3 yang Kini Jabat Ketua Harian PB Esports Indonesia

Jum'at, 05 Juli 2024 - 06:11 WIB
loading...
Profil Bambang Sunarwibowo, Jenderal Bintang 3 yang Kini Jabat Ketua Harian PB Esports Indonesia
Mantan Sekretaris Utama BIN Komjen Pol (Purn) Bambang Sunarwibowo kini menjabat sebagai Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI). FOTO/WIKIPEDIA
A A A
JAKARTA - Profil Bambang Sunarwibowo akan diulas dalam artikel berikut ini. Purnawirawan Polri mantan Sekretaris Utama Badan Intelijen Negara (BIN) itu kini menjabat sebagai Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI).

Purnawirawan Polri berpangkat Komisaris Jenderal (Komjen) itu mulai diangkat menjadi Sekretaris Utama BIN sejak 3 Maret 2020. Sedangkan jabatan Ketua Harian PBESI diembang mulai 18 Januari 2020.

Sebelum menjabat Sekretaris Utama BIN, karier Bambang Sunarwibowo di kepolisian cukup cemerlang. Ia telah beberapa kali menduduki posisi penting hingga mendapat pangkat jenderal bintang tiga. Lalu bagaimana sosok Bambang Sunarwibowo yang baru saja melepas jabatan Sestama BIN pada 26 Juni 2024 lalu? Berikut ini profilnya:


Profil Bambang Sunarwibowo

Bambang Sunarwibowo lahir pada 24 Mei 1966 di Sumberpucung, Malang, Jawa Timur. Kariernya di kepolisian dimulai setelah dinyatakan lulus dari Akademi Kepolisian (Akpol) 1988.

Sepak terjangnya di kepolisian dimulai dengan menjabat di lingkungan hukum Polda Metro Jaya dari 1989 hingga 1994. Beberapa posisi yang pernah dijabat antara lain, Pamapta Polres Metro Jakarta Timur, Kanit Serse Ek Polres Metro Jaktim, Kanit Resintel Polsek Metro Jatinegara, dan Kasubbag Bindik SPN Lido Dit Diklat Polda Metro Jaya.

Setelahnya, Bambang ditunjuk untuk menjadi PS. Pabda Littiras Paban VI/Litbang Asro Srena Polri pada 1998 usai menyelesaikan pendidikan di PTIK. Setahun berselang, ia dipindahkan ke Pabda Gartin Padya Progartin Paban III/Renprogar Srena hingga tahun 1999.

Pada 2002, Bambang sempat dipercaya menjadi Kasubbag Ren Bag Renmin Desumdaman Polri. Ia juga pernah menjabat sebagai Kasubbag Rengarbang Roprogar Derenbang Polri di 2003.



Tiga tahun berselang, Bambang terkena mutasi untuk menjabat sebagai Kapolres Magetan Polwil Madiun Polda Jatim di 2006. Tak lama setelah itu, dia kembali dipindah tugaskan menjadi Kapolres Tulungagung Polwil Kediri pada 2008.

Jabatan strategisnya di Polri bari didapat setelah Bambang menjabat sebagai Kabagrengarta Rojemengar Srena Polri di 2010 dan Karojemengar Srena Polri di 2013.

Ketika masih berpangkat Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi, Bambang sempat menduduki posisi Asrena Kapolri di 2016. Ia juga sempat menempati posisi Sahlisosek Kapolri di Juni 2018.

Bambang kemudian memperoleh pangkat jenderal bintang tiga setelah menjabat sebagai Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN di Agustus 2018. Barulah setelah itu dirinya menjabat sebagai Sekretaris Utama BIN di 2020 lalu.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)
pixels