Profil Mochammad Afifuddin, Plt Ketua KPU Pengganti Hasyim Asy'ari

Kamis, 04 Juli 2024 - 16:28 WIB
loading...
Profil Mochammad Afifuddin, Plt Ketua KPU Pengganti Hasyim Asyari
Mochammad Afifuddin (kanan) ditunjuk menjadi Pelaksana tugas (Plt) Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU). Foto/Jonathan Simanjuntak
A A A
JAKARTA - Profil Mochammad Afifuddin yang ditunjuk menjadi Pelaksana tugas (Plt) Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) diulas di artikel ini. Pria berlatar belakang aktivis ini lama berkecimpung di dunia kepemiluan.

Sehari setelah Hasyim Asy'ari dipecat oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu ( DKPP ) karena terbukti melakukan tindakan asusila, KPU menggelar rapat pleno. Rapat memutuskan Mochammad Afifuddin menjadi Plt Ketua KPU pengganti Hasyim Asy'ari .

"Hasil pleno sudah memutuskan secara bulat kami bersepakat untuk memberikan mandat kepada Pak Mochammad Afifuddin menjadi Pelaksana tugas Ketua KPU untuk melakukan tugas organisasi," kata Komisioner KPU August Mellaz di Kantor KPU, Kamis (4/7/2024).

Afifuddin akan menjabat hingga Ketua KPU dipilih secara definitif. Penunjukan Afif dilakukan dalam rangka menjalankan tugas organisasi oleh lembaga KPU.



Afifuddin menjelaskan bahwa penunjukan dirinya merupakan kesepakatan enam Komisioner KPU. "Kita kompak, kita tidak ada perbedaan sikap sama sekali," kata Afifuddin.

Dalam kesempatan ini, Afif juga memastikan pelaksanaan pilkada tak akan terganggu seusai terdapat pergantian ketua. Afif mengaku akan melakukan langkah konsolidasi untuk memastikan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

"Kami akan lakukan percepatan langkah-langkah konsolidasi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan."

Profil Mochammad Afifuddin


Mochammad Afifuddin lahir di Sidoarjo, 1 Februari 1980. Dia menamatkan S2 Komunikasi Politik di Universitas Indonesia.

Afif menjabat anggota Bawaslu RI periode 2017-2022. Dia juga menjadi anggota DKPP ex officio dari perwakilan unsur Bawaslu RI.

Afifuddin pernah menjadi dosen di FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sebelumnya, Afifuddin banyak berkecimpung di dunia kepemiluan melalui LSM Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR). Bahkan, Afifuddin pernah menjadi koordinator nasional dan dewan pengarah JPPR.



Selain itu, dia juga pernah menjadi Board of Director ANFREL pada tahun 2014-2017. Afifuddin juga aktif terlibat di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), pernah menjadi Ketua Komisariat UIN Jakarta yang merupakan tempat dia menamatkan S1-nya. Dia juga pernah menjadi Wakil Sekretaris Jenderal dan Bendahara Umum Pengurus Besar PMII.
(zik)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1993 seconds (0.1#10.140)
pixels