Profil Irjen Syahar Diantono, Rekan Seangkatan Kapolri yang Jadi Kabaintelkam Polri

Selasa, 02 Juli 2024 - 18:30 WIB
loading...
Profil Irjen Syahar Diantono, Rekan Seangkatan Kapolri yang Jadi Kabaintelkam Polri
Irjen Syahar Diantono mendapat promosi menjadi Kabaintelkam Polri dalam surat mutasi yang terbit, Rabu (26/6/2024). FOTO/DOK.HUMAS POLRI
A A A
JAKARTA - Irjen Syahar Diantono masuk dalam daftar Perwira Tinggi (Pati) Polri yang dimutasi pada Rabu (26/6/2024). Dalam mutasi Polri terbaru ini, jenderal bintang dua tersebut akan naik pangkat menjadi bintang tiga.

Syahar Diantono mendapatkan tugas baru untuk menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri, menggantikan Komjen Pol Suntana yang telah memasuki masa pensiun.

Posisi baru yang diemban Syahar ini membuatnya berpeluang mendapat kenaikan pangkat dalam waktu dekat menjadi Komisaris Jenderal (Komjen) Pol.



Profil Irjen Syahar Diantono

Syahar Diantono lahir pada 2 Februari 1970 di Blora, Jawa Tengah. Kariernya di kepolisian dimulai setelah ia lulus dari Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 silam.

Di Akpol, Syahar memiliki rekan seangkatan yang kini telah menjadi Kapolri, yakni Jenderal Pol Listyo Sigit. Tidak hanya itu, Syahar juga jadi rekan seangkatan dari (Kabaharkam) Komjen Fadil Imran, (Kabareskrim) Komjen Wahyu Widada, dan (Kepala BNN) Komjen Marthinus Hukom.

Awal sepak terjangnya di kepolisian, Syahar Diantono tercatat pernah menjabat sebagai Kasat II Ditreskrim Polda Jatim tahun 2005, Kapolres Kota Pasuruan Polwil Malang Polda Jatim di 2008, dan Kapolres Pasuruan pada 2020.

Seiring berjalannya waktu, posisi yang diduduki Syahar kian penting. Terlebih setelah dia menyelesaikan pendidikan di PTIK dan SESPIM.



Pada 2018, ia pernah dipercaya menjadi Kabagpenum Divhumas Polri. Setahun berselang, Syahar dipindah tugaskan untuk menjadi Karo PID Divhumas Polri di 2019.

Mutasi Polri tahun 2020 lantas mengantarkan Syahar menjadi Dirtipidter Bareskrim Polri. Setelah itu, dirinya dipercaya untuk menjabat sebagai Wakabareskrim Polri di tahun 2021.

Setelah Irjen Ferdy Sambo terjerat kasus pembunuhan, membuat posisi Kadiv Propam sempat kosong kala itu. Jabatan Kadiv Propam Polri ini lantas dipegang oleh Irjen Syahar Diantono kemudian di tahun 2022 lalu.

Kemudian pada mutasi 26 Juni 2024, pria asal Blora ini ditunjuk untuk menjadi Kabaintelkam Polri menggantikan Komjen SUntana. Dari sinilah pangkat jenderal bintang tiga Syahar akan didapat.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1469 seconds (0.1#10.140)
pixels