Kominfo Sampaikan Progres IKN ke Masyarakat Manado

Sabtu, 29 Juni 2024 - 17:32 WIB
loading...
Kominfo Sampaikan Progres IKN ke Masyarakat Manado
Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim (IKPM) pada Kominfo Septriana Tangkary. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim menyampaikan progres pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) kepada masyarakat Manado. Masyarakat diajak untuk mendukung sepenuhnya pembangunan IKN.

Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim pada Kominfo menggelar temu influencer bertajuk “Sudah Sejauh Mana Pembangunan IKN?” di Hotel Novotel Manado, Kamis, 27 Juni 2024. Acara itu digelar dalam rangka menyebarkan progres IKN ke daerah-daerah di Indonesia.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim (IKPM) pada Kominfo Septriana Tangkary menjelaskan bahwa rencana pemindahan IKN merupakan sebuah upaya proses percepatan pembangunan, pemerataan, dan pemberdayaan kawasan Indonesia Timur. “Penetapan IKN diharapkan dapat menjadi katalis untuk menumbuhkan pusat-pusat ekonomi baru di Pulau Kalimantan dan wilayah Indonesia Timur secara umum,” kata Septriana.



Dia melanjutkan, dalam membangun smart city, Kota Manado mungkin bisa menjadi salah satu role model. “Seperti yang kita ketahui, Pemerintah Kota Manado pernah meraih penghargaan Gerakan Menuju Smart City Tahun 2021 untuk kategori kabupaten/kota terbaik Dimensi Smart Governance,” ujarnya.

Dia juga menerangkan bahwa hal ini dapat menjadi gambaran bagaimana memanfaatkan teknologi digital dalam upaya mengembangkan kota, terutama dalam pelayanan publik dan pemerintahan.

Sementara itu, Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Humas Otorita IKN Firmananur menjelaskan, prinsip pembangunan IKN adalah Green, Smart, Inclusive, Resilent, dan Sustainable. Menurut data Kementerian PUPR, saat ini progres pembangunan IKN sudah mencapai 84% per Mei 2024.

Progres Istana Negara dan lapangan upacara sudah mencapai 73,5 % per Juni 2024 dan Rumah Tapak Jabatan Menteri sudah mencapai 91,7% per Juni 2024. “Selain itu, kami juga melakukan pembangunan non-fisik melalui pemberdayaan masyarakat dan sosial budaya yang berupa komunitas re-skilling dan up-skilling, pemberdayaan digital, dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Sekretaris Daerah Kota Manado Micler C.S Lakat mengakui Kota Manado sangat konsen terhadap penerapan Smart City. “Kami giat melaksanakan perencanaan strategis dan pertemuan publik. Selain itu juga konsep Smart City ini kita dukung dengan infrastruktur fisik, TIK, dan sosial,” pungkasnya.

Perwakilan Content Creator asal Manado Daniel A. Tampi, menambahkan bahwa bagi Kota Manado, kehadiran IKN dapat menghadirkan multiplier effect (efek berganda) akibat dari pusat gravitasi ekonomi baru di IKN.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1738 seconds (0.1#10.140)
pixels