Kamil, Ganjar dan Anies Calon Terkuat di Pilpres 2024 Versi Indikator

Jum'at, 21 Agustus 2020 - 14:27 WIB
loading...
A A A
"Secara total, Anies Baswedan dan Ridwan Kamil sama-sama berada di posisi teratas dengan nilai 7.2. Diikuti oleh Ganjar Pranowo dengan skor 7.1, kemudian Mahfud MD dengan nilai 6.9 dan Sandiaga Salahuddin Uno dengan nilai 6.8," paparnya.

Lebih lanjut Burhanudin menilai, dari semua aspek kepemimpinan terkait penanganan Covid-19, hasil survei menyebut bahwa kemampuan pemimpin pemerintahan daerah cenderung mendapat penilaian lebih positif ketimbang pemerintah pusat.

"Mereka dipandang lebih peka terhadap krisis, lebih responsif, berani mengalokasikan sumberdaya, mampu berkomunikasi dengan masyarakat, dan mampu berkordinasi dengan seluruh aparat," ujarnya.

Indikator mencatat Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil semuanya unggul di kalangan usia <= 40 tahun. Pemilih Anies Baswedan terutama datang dari kalangan LSM/Ormas, akademisi, dan media massa.

"Ganjar Pranowo dari pengusaha dan media massa, sementara Ridwan Kamil utamanya didukung media massa dan akademisi. Berdasarkan proporsi pemilih, Anies Baswedan memiliki basis kuat di kalangan LSM/Ormas, Ganjar Pranowo kalangan pengusaha, dan Ridwan Kamil media massa,” katanya.

Sementara sebaran pemilih ketiga Gubernur ini mirip dengan perolehan nilai kepemimpinan. Suara Anies Baswedan banyak datang Sumatera, Banten, dan Jawa Barat; Ganjar Pranowo dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DIY; dan Ridwan Kamil dari Jawa Timur, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.

"Secara total, Anies Baswedan dan Ridwan Kamil sama-sama berada di posisi teratas dengan nilai 7.2. Diikuti oleh Ganjar Pranowo (7.1), Mahfud MD (6.9) dan Sandiaga Salahuddin Uno (6.8)," tuturnya.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)