3 Sosok Perwira TNI AD Raih Prestasi Gemilang di Amerika Serikat

Rabu, 12 Juni 2024 - 16:31 WIB
loading...
3 Sosok Perwira TNI AD Raih Prestasi Gemilang di Amerika Serikat
Mayor Chk Sultan Syahrir; Mayor Inf Petrus P Prabowo; dan Mayor Czi Yusfi Fitrawan berhasil menyelesaikan pendidikan di US Army Command and General Staff College (CGSC) di Fort Leavenworth, Kansas, Amerika Serikat, Jumat (7/6/2024). FOTO/DOK.TNI AD
A A A
JAKARTA - Tiga sosok perwira Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat ( TNI AD ) berhasil mencatatkan prestasi gemilang dengan menyelesaikan pendidikan di US Army Command and General Staff College (CGSC) di Fort Leavenworth, Kansas, Amerika Serikat, Jumat (7/6/2024).

Menyelesaikan pendidikan di US Army merupakan pencapaian penting dalam karier militer mereka. CGSC dikenal sebagai lembaga pendidikan militer bergengsi yang setara dengan Sekolah Staf dan Komando TNI AD (Seskoad), khusus untuk calon pemimpin militer di level operasional.

Gelar MMAS adalah program magister yang diselenggarakan oleh US Army University dan terpisah dari program Seskoad AS. Dari 200 siswa yang mendaftar, hanya 53 yang berhasil menyelesaikan program ini, termasuk 9 siswa internasional. Program ini menuntut standar akademik yang tinggi, di mana siswa harus mempertahankan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.0 dan tidak boleh memperoleh nilai di bawah 'B'.



Adapun perwira yang berhasil menyelesaikan pendidikan di CGSC adalah Mayor Chk Sultan Syahrir, SH, lulusan Akademi Militer (Akmil) 2006 dari Direktorat Hukum Angkatan Darat (Ditkumad); Mayor Inf Petrus P Prabowo, lulusan Akmil 2008 dari Pusat Kesenjataan Infanteri (Pussenif), dan Mayor Czi Yusfi Fitrawan, lulusan Akmil 2008 dari Pusat Pendidikan Zeni Pusat Zeni Angkatan Darat (Pusdikzi Pusziad).

Dalam program tahun ajaran 2023-2024 yang diikuti oleh 1.200 siswa, termasuk 120 siswa internasional dari 94 negara, dua perwira TNI AD, Mayor Inf Petrus P Prabowo dan Mayor Czi Yusfi Fitrawan, berhasil meraih gelar Master of Military Art and Science (MMAS). Sementara itu, Mayor Chk Sultan Syahrir memperoleh gelar Master of Operational Studies (MOS).

Prestasi yang diraih 3 perwira TNI AD ini tidak hanya meningkatkan kualitas kepemimpinan dan keahlian strategis dalam TNI AD, tetapi juga memperkuat hubungan militer antara Indonesia dan Amerika Serikat. TNI AD berkomitmen untuk terus meningkatkan kompetensi dan kemampuan operasional perwiranya melalui pendidikan militer tingkat dunia seperti yang diberikan oleh CGSC.

Dengan pencapaian ini, TNI AD menunjukkan komitmen dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di tubuh militer, memastikan perwira-perwira terbaiknya mendapatkan pendidikan dan pelatihan di lembaga-lembaga ternama dunia. Prestasi ini juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi perwira lainnya dalam mengejar pendidikan militer yang lebih tinggi dan terus berkontribusi bagi kemajuan TNI AD serta pertahanan negara.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1116 seconds (0.1#10.140)
pixels