73 Persen Masyarakat Jabar Ingin Kembali Dipimpin Ridwan Kamil, Pengamat: Elektabilitasnya Teruji

Selasa, 11 Juni 2024 - 20:47 WIB
loading...
73 Persen Masyarakat Jabar Ingin Kembali Dipimpin Ridwan Kamil, Pengamat: Elektabilitasnya Teruji
Elektabilitas Ridwan Kamil dinilai sudah teruji di Jawa Barat (Jabar). Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Skala Data Indonesia (SDI) Arif Nurul Imam menilai elektabilitas Ridwan Kamil sudah teruji di Jawa Barat (Jabar). Menurut Arif, pria yang akrab disapa RK atau Kang Emil itu berpeluang besar kembali memimpin jika mencalonkan diri di Pilgub Jabar.

Dia pun tidak heran jika mayoritas masyarakat Jabar ingin kembali dipimpin oleh RK. Elektabilitas RK dalam hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) jauh mengungguli bakal calon lainnya.

Hasil survei terbaru SMRC itu juga menunjukkan 73 persen masyarakat Jabar menginginkan RK kembali jadi Gubernur Jabar. Hanya 23 persen yang tidak ingin Kang Emil kembali memimpin. Sedangkan yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab yakni 5 persen.



"Sebagai mantan Gubernur Jawa Barat, elektabilitasnya sudah teruji. Apalagi banyak program dan terobosan, yang dirasakan masyarakat saat dia menjabat," kata Arif dihubungi, Selasa (11/6/2024).

Lebih lanjut Arif mengatakan, meskipun sudah tidak menjadi gubernur, masyarakat Jabar masih mengingat nama Ridwan Kamil. Hal ini juga dibuktikan dengan hasil survei SMRC yang menemukan sebanyak 86 persen puas dengan kinerja Ridwan Kamil saat menjabat Gubernur Jabar.

"Kalau potensi kemenangan, Ridwan Kamil lebih besar di Jawa Barat," tuturnya.

Hal senada dikatakan oleh Pengamat Politik sekaligus Direktur Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno. Adi pun berpendapat, nama Ridwan Kamil sudah dipastikan terpilih jika kembali mencalonkan diri di Pilgub Jabar.

Dirinya mengibaratkan Ridwan Kamil tanpa kerja keras saja bisa memenangkan pertarungan. "Secara kalkulasi dan kekuatan politik, Ridwan Kamil kalau mau disederhanakan merem saja, tidur saja, di Jawa Barat sepertinya sangat mungkin memenangkan pertarungan," ujar Adi Prayitno, Minggu (9/6/2024).

Menurut Adi, peluang Ridwan Kamil memenangkan kontestasi lebih besar di Jawa Barat dibandingkan di Jakarta. Dirinya menyarankan, sebaiknya Ridwan Kamil kembali maju di Pilgub Jabar.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2504 seconds (0.1#10.140)
pixels