Deretan Letjen TNI yang Bertugas di Kementerian/Lembaga, Nomor 2 dan 4 Peraih Adhi Makayasa

Senin, 10 Juni 2024 - 08:43 WIB
loading...
Deretan Letjen TNI yang Bertugas di Kementerian/Lembaga, Nomor 2 dan 4 Peraih Adhi Makayasa
Letjen TNI Teguh Pudjo Rumekso dan Letjen TNI I Nyoman Cantiasa merupakan dua Pati TNI berpangkat Letjen TNI yang bertugas di Kementerian/Lembaga. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejumlah perwira tinggi (Pati) TNI berpangkat Letnan Jenderal (Letjen) ditugaskan pada beberapa Kementerian/Lembaga . Jenderal bintang tiga tersebut menduduki posisi penting di Kementerian/Lembaga.

Tercatat ada empat nama yang bertugas di Kementerian/Lembaga. Keempat Letjen TNI tersebut sama-sama berasal dari kesatuan TNI Angkatan Darat.



Masing-masing merupakan jebolan Akademi Militer (Akmil) 1988, 1989, 1990, dan 1991. Sementara, dua orang berasal dari Korps Infanteri, satu Kopassus, dan Korps Perhubungan.

Deretan Letjen TNI yang Bertugas di Kementerian/Lembaga

1. Letjen TNI Suharyanto

Deretan Letjen TNI yang Bertugas di Kementerian/Lembaga, Nomor 2 dan 4 Peraih Adhi Makayasa


Suharyanto merupakan Pati TNI AD berpangkat Letjen yang ditugaskan di Kementerian/Lembaga mengisi posisi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Ia bertugas sebagai Kepala BNPB sejak 17 November 2021.

Suharyanto merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1989. Melihat kiprahnya di militer, Suharyanto terbilang memiliki karier moncer. Tak hanya pangkatnya yang terus melejit, ia juga banyak dipercaya menempati berbagai posisi strategis.

Pada 2016, Suharyanto menjadi Karo Kepegawaian Settama BIN. Sekitar setahun berselang, ia beralih sebagai Direktur Kontra Separatisme Deputi III BIN.

Kemudian, ia juga sempat menjabat Kasdam Jaya (2018-2019). Namanya semakin dikenal ketika diberi tugas sebagai Sesmilpres Kemensetneg (2019-2020).

Kariernya semakin cemerlang ketika ditunjuk menjadi Panglima Kodam V/Brawijaya (2020-2021). Setelah itu, barulah Suharyanto mendapat tugas sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sejalan dengan posisi barunya sebagai Kepala BNPB, Suharyanto juga mendapat kenaikan pangkat menjadi Letnan Jenderal (bintang tiga). Ia dilantik di Istana Negara pada Rabu (17/11/2023).

Pelantikan Kepala BNPB didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 140/P Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala BNPB. Waktu itu, ia menggantikan posisi Letjen TNI Ganip Warsito.

2. Letjen TNI Teguh Pudjo Rumekso

Deretan Letjen TNI yang Bertugas di Kementerian/Lembaga, Nomor 2 dan 4 Peraih Adhi Makayasa


Letjen TNI Teguh Pudjo Rumekso merupakan Pati TNI AD yang bertugas di Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam). Ia menduduki jabatan Sekretaris Kemenko Polhukam (Sesmenko Polhukam) sejak 27 Juni 2022.

Jenderal bintang 3 kelahiran Medan, Sumatera utara ini mengawali karier di militer dengan menjadi perwira pertama Pussenif Kodiklat TNI AD pada 1991. Tak lama setelahnya, ia berlanjut menjadi perwira kodam V/Brawijaya di tahun 1992.

Saat menempuh pangkat perwira menengah atau Letnan Kolonel (Letkol), Teguh dipercaya untuk menjadi Dandim 0904/Tanah Grogot dan kemudian masuk ke ring 1 Istana dengan menjabat sebagai Wadan Grup B paspampres. Pada 2011, Teguh Pudjo Rumekso mendapat promosi sebagai Asops Kasdam VI/Mulawarman. Berkat promosi ini pangkatnya naik menjadi Kolonel.

Selanjutnya ia ditarik menjadi PJU Biro Pengamanan Setmilpres pada 2013. Di tahun terakhir masa jabatan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Teguh Pudjo terpilih menjadi Komandan Upacara 17 Agustus 2014 di Istana Negara.

Setelah itu, karier militernya terus menanjak. Tentara kelahiran 20 April 1968 ini pecah bintang satu ketika dipromosikan menjadi Wadanpussenif Kodiklatad pada 2016. Satu tahun berikutnya, Teguh dialihtugaskan menjadi Kasdam VI/Mulawarman.

Hingga pada 2018, ia pecah bintang dua setelah dikembalikan ke Pussenif menjadi Danpussenif Kodiklatad. Dua tahun menjadi Danpussenif Kodiklatad, Teguh kemudian dimutasi menjadi Danpuspenerbad untuk men-support mobilitas tempur TNI AD. Setahun kemudian ditunjuk sebagai Pangdam VI/Mulawarman.

Selama meniti karier di Korps Baret Merah Kopassus, nama Teguh Pudjo Rumekso ini juga diketahui berpengalaman di bidang pertempuran. Ia tercatat pernah melakukan sejumlah operasi diantaranya seperti Operasi Seroja Timor Timur sekarang Timor Leste, serta operasi pengamanan perbatasan Indonesia dan Malaysia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1540 seconds (0.1#10.140)
pixels