Dirkumad Diperintah KSAD Maruli Simanjuntak Hadiri Simposium Hukum di AS

Kamis, 06 Juni 2024 - 20:55 WIB
loading...
Dirkumad Diperintah...
Direktur Hukum Angkatan Darat (Dirkumad) Brigjen TNI A. Agung Widi mengikuti Major General John L. Fugh Symposium on Law di Judge Advocate General Legal Center and School, Virginia, Amerika Serikat (AS) pada 3-5 Juni 2024. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Direktur Hukum Angkatan Darat (Dirkumad) Brigjen TNI A. Agung Widi mengikuti Major General John L. Fugh Symposium on Law di Judge Advocate General Legal Center and School, Virginia, Amerika Serikat (AS) pada 3-5 Juni 2024. Kehadiran Dirkumad di sana atas perintah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Adapun simposium hukum tersebut diprakarsai oleh Judge Advocate General Corps (Korps Hukum AD AS) yang bertujuan untuk mempererat kerja sama antarkorps hukum angkatan darat dari 13 negara mitra kerja sama. Simposium itu juga mendiskusikan tantangan-tantangan kontemporer di bidang hukum dalam rangka mendukung tugas pokok Angkatan Darat (AS) di masing-masing negara.

Dirkumad dalam simposium itu didampingi oleh staf Mayor Chk Sator Sapanbungin. Dirkumad terlibat dalam diskusi hangat tentang aspek hukum terkait penggunaan artifical intelligence (AI) dalam operasi militer, autonomous weapon systems, cyber law, dan yang sedang marak diperbincangkan dalam komunitas hukum internasional tentang lawfare.

Brigjen TNI A. Agung Widi dalam kesempatan lain juga mendapatkan kehormatan untuk menerima permohonan Key Leader Engagement (pertemuan informal) dari LTG Stuart W. Risch (AS), Maj Gen Richard Allen (Inggris), BG Rop Holman (Kanada), Air Cmdre Patrick Keane (Australia), dan MG Etani (Jepang) guna membicarakan peluang kerja sama antarinstitusi.

Dirkumad Diperintah KSAD Maruli Simanjuntak Hadiri Simposium Hukum di AS


Sedangkan poin terpenting dari Dirkumad adalah pada bidang kerja sama pendidikan guna meningkatkan sumber daya manusia (SDM) korps hukum TNI AD. Proposal ini mendapatkan tanggapan sangat positif dari para pimpinan delegasi yang berjanji akan menindaklanjuti melalui prosedur Army-to-Army Staff Talk.

Dirkumad Diperintah KSAD Maruli Simanjuntak Hadiri Simposium Hukum di AS


Kehormatan tersebut merupakan tindak lanjut dari pembicaraan informal antara Letkol Chk Leonardo Kurnia dengan LTG Stuart W. Risch pada saat mengikuti pendidikan Seskoad AS, yang kemudian dikristalisasi oleh Brigjen TNI Ateng Karsoma pada MILOPS legal conference di Bali 2023.

Dirkumad Diperintah KSAD Maruli Simanjuntak Hadiri Simposium Hukum di AS


Hal tersebut adalah kali pertama bagi pejabat Dirkumad mendapatkan kehormatan untuk terlibat dalam forum diskusi berskala internasional semacam ini. Kehadiran Dirkumad merupakan langkah progresif Korps Hukum Angkatan Darat untuk meningkatkan kapabilitas organisasi maupun kualitas SDM guna menjawab tantangan tugas masa depan yang kian global dan kompleks dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1796 seconds (0.1#10.140)