Sosok di Balik Branding Gemoy Prabowo Menyita Perhatian Ribuan Peserta Webinar

Senin, 20 Mei 2024 - 18:49 WIB
loading...
Sosok di Balik Branding Gemoy Prabowo Menyita Perhatian Ribuan Peserta Webinar
Pakar komunikasi politik Irfan Asy’ari Sudirman Wahid atau akrab disapa Ipang Wahid dihadirkan dalam Webinar Forum Gosip DNVB Indonesia pada Sabtu (18/5/2024). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pakar komunikasi politik Irfan Asy’ari Sudirman Wahid atau akrab disapa Ipang Wahid dihadirkan dalam Webinar Forum Gosip DNVB Indonesia pada Sabtu (18/5/2024). Sosok di balik branding Gemoy Prabowo Subianto itu menyita perhatian ribuan peserta webinar tersebut.

Webinar ini berhasil memecahkan rekor dengan jumlah peserta terbanyak dengan 2.700 lebih peserta. Pemecahan rekor ini terjadi setelah platform belajar entrepreneurship itu menghadirkan Ipang Wahid.

Selain memecahkan rekor peserta terbanyak webinar, Forum Gosip juga berhasil meningkatkan engagement Instagram, TikTok, dan media X Twitter. Dalam akun resmi Instagram DNVB Indonesia, terdapat lebih dari 100 mentions pada akunnya selama webinar berlangsung yang mayoritas diikuti digital marketing.



DNVB mengaku bahwa membludaknya peserta karena pihaknya menghadirkan putra Kiai kharismatik Salahuddin Wahid, Ipang Wahid, sosok di balik kesuksesan branding 'Gemoy' untuk Prabowo Subianto yang berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Selain sebagai 'otak' branding 'Gemoy' yang melekat pada Prabowo Subianto, Gus Ipang juga berhasil menyita perhatian publik melalui karyanya dalam pembuatan iklan RCTI Oke yang viral di media X beberapa waktu lalu.

Dalam webinar, pemilik Ipang Wahid Stratejik itu membagikan pengalamannya selama 30 tahun terjun di industri iklan, yakni, mulai dari keterlibatan pembuatan iklan RCTI Oke versi nonton di tengah sawah dan stadion hingga rumah gadang hingga memproduksi langsung iklan sejumlah brand ternama seperti Gudang Garam versi Cahaya Asa, Telkom, Sampoerna Ijo, Ramayana, Nescafe, Coca-Cola, Vitacharm, Lux, dan lainnya.

Gus Ipang pun menceritakan awal mula perjalanan kariernya di dunia politik. Dia mengungkapkan, dimulai terjun di dunia politik sejak 2004 saat sang ayah Salahuddin Wahid menjadi calon wakil presiden bersama Wiranto.

Karier Ipang Wahid di dunia politik pun semakin moncer setelah bertanggung jawab dalam kemenangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019. Ipang juga sukses mengantarkan Prabowo-Gibran terpilih di Pilpres 2024, hingga dirinya mendapat sebutan pakar komunikasi politik.

“Tapi saya tidak mau disebut sebagai pakar komunikasi politik. Melainkan perception engineers (pakar persepsi). Karena dalam perception engineering ada banyak hal yang dilakukan mulai dari rebranding, personal branding, digital growth hacking dan lainnya. Jadi it’s not about political marketing, it’s perception engineering,” kata Gus Ipang.

Dia menjelaskan, konsep perception engineering berhasil membuat rebranding Partai Golkar yang sukses menjadi partai nomor dua di Pemilu 2024. Berkat kepiawaian Ipang Wahid, Golkar diasosiasikan sebagai partai yang dekat dengan Presiden Jokowi. Bahkan, Ipang juga berhasil mengubah citra Kementerian Pemuda dan Olahraga yang lebih dekat dengan milenial.

Gus Ipang mengakui kunci utama dari keberhasilannya adalah kreativitas yang tidak terbatas. Pada 2.700 lebih peserta, Ipang mengajak seluruh peserta tidak takut untuk bereksplorasi meskipun hasilnya masih belum sesuai harapan. Ia menegaskan, kreatifitas tidak perlu ongkos. Semua orang bisa mengeksplorasi kreatifitasnya dengan berpikir luas.

“Creativity has no cost. Jangan pernah berpikir yang sempit. Berpikirlah yang luas. Jangan pernah berpikir tidak kreatif. Karena kreativitas itu bukan hanya milik seniman saja. Tapi milik semua orang. Semua orang bisa menjadi kreatif, bisa menjadi content creator, dan bisa berpikir out of the box. Jadi, jangan pernah menstigma diri kita bahwa kita tidak kreatif. Selalu lihat dari perspektif dan angle berbeda. Dan yang terakhir adalah jangan pernah cepat menyerah. Kalau jatuh, bangun lagi, jatuh bangun lagi,” pungkas Ipang Wahid.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1581 seconds (0.1#10.140)
pixels