Mengantar Nenek Sudjijem yang Terpisah dari Anaknya ke Hotel Tempat Menginap

Minggu, 19 Mei 2024 - 10:40 WIB
loading...
Mengantar Nenek Sudjijem...
Perempuan paruh baya, Sudjijem, 72, jemaah haji Indonesia asal Pacitan, Jawa Timur tersesat saat akan kembali ke hotelnya usai menjalankan ibadah di Masjid Nabawi. Foto/SINDOnews/andryanto wisnuwidodo.
A A A
MADINAH - Seorang perempuan muda tampak menggandeng nenek selepas Salat Zuhur di Masjid Nabawi, Madinah. Awalnya saya mengira, perempuan muda ini menggandeng neneknya.

Ternyata dugaan saya salah. Perempuan ini kemudian mendatangi saya yang sedang bertugas mengawasi jemaah haji Indonesia. Perempuan ini kemudian bertanya apakah saya petugas haji. "Iya benar," jawab saya, Minggu (19/5/2024).

Perempuan ini kemudian menjelaskan jika nenek yang bersamanya jemaah yang terpisah dari anaknya selepas salat. Namanya Sudjijem, jemaah haji asal Pacitan, Jawa Timur.



Nenek Sudjijem berusia 72 tahun. Dia menjelaskan jika dia janjian bertemu dengan anaknya di pintu 338. Ternyata, dia tidak bertemu dengan anaknya yang bernama Joko Setiyono. Nah, dia malah bertemu perempuan tadi hingga akhirnya menemui saya untuk dibantu mencarikan anaknya. "Iya janjinya di pintu yang ada sekuritinya,"kata Sudjijem.

Saya kemudian mengajak nenek Sudjijem duduk di kursi. Saya ajak berbicara layaknya seorang anak dengan ibunya. Saya coba cari tahu hotel tempat menginap di Madinah. Lewat scan barcode di kartu identitas, akhirnya diketahui nama hotelnya.



Saya ajak Nenek Sudjijem berbincang. Mulai dari asal, usia, berapa tahun menunggu haji hingga resep awet muda di usia 72 tahun. Rahasianya ternyata banyak minum air putih, buah dan sayur. "Saya nunggu 12 tahun. Berangkat bersama anak kedua saya," ujarnya.

Akhirnya saya antar Nenek Sudjijem ke hotelnya di Dar El Naem yang letaknya sekitar 350 meter dari Gate 339 Masjid Nabawi. Saya cari ketua kloternya dan akhirnya bertemu. Kemudian nenek Sudjijem saya pasrahkan kepada ketua kloternya.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1993 seconds (0.1#10.140)