Sinergi Kemenag dan USAID Tingkatkan Kualitas Kaum Muda Indonesia

Rabu, 15 Mei 2024 - 15:08 WIB
loading...
Sinergi Kemenag dan USAID Tingkatkan Kualitas Kaum Muda Indonesia
Kementerian Agama (Kemenag) bersinergi dengan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) beserta organisasi kaum muda Santri Mengglobal. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) bersinergi dengan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) beserta organisasi kaum muda Santri Mengglobal. Sinergi ini dilakukan dengan menggelar Global Santri Fest 2024 di @america di Jakarta, pada 11 Mei 2024.

Acara ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para santri dan santriwati meningkatkan kualitas pendidikan mereka dengan kuliah di luar negeri, khususnya Amerika Serikat melalui jalur beasiswa.

Direktur Kantor Pertumbuhan Ekonomi dan Pendidikan USAID Indonesia Farhad Ghaussy mengatakan, akses terhadap pendidikan berkualitas merupakan hak mendasar setiap kaum muda.

"Global Santri Fest menunjukkan komitmen kami dalam mendukung generasi muda Indonesia, memberikan kesempatan yang lebih luas untuk mengakses pendidikan berkualitas tinggi. Melalui beasiswa, generasi muda Indonesia akan menemukan jalan menuju pendidikan di Amerika Serikat," kata Farhad Ghaussy dalam keterangannya, Rabu (15/5/2024).



Pada Global Santri Fest 2024, pelajar dan peserta lainnya akan mempelajari berbagai beasiswa yang tersedia untuk belajar di Amerika Serikat, seperti program dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), MORA Overseas Student Mobility Awards (MOSMA), Dana Abadi Pesantren, Beasiswa Indonesia Bangkit, Beasiswa Pendidikan Indonesia Kader Ulama Masjid Istiqlal, Kader Ulama Perempuan, dan the Humphrey Fellowship Program.

Pada Global Santri Fest 2024, pelajar dan peserta lainnya diberikan informasi terkait berbagai beasiswa yang tersedia untuk belajar di Amerika Serikat, seperti program dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), MORA Overseas Student Mobility Awards (MOSMA), Dana Abadi Pesantren, Beasiswa Indonesia Bangkit, Beasiswa Pendidikan Indonesia Kader Ulama Masjid Istiqlal, Kader Ulama Perempuan, dan the Humphrey Fellowship Program.

Selain informasi terperinci tentang beasiswa, acara ini juga memberikan sesi khusus untuk membahas persyaratan penerimaan universitas di Amerika Serikat, cara menulis esai, dan langkah-langkah penting lainnya untuk mendapatkan beasiswa. Alumni dari universitas-universitas Amerika juga berbagi wawasan mengenai pertimbangan budaya, biaya hidup, dan prospek pasca-kelulusan.

Ketua PMO Dana Abadi Pesantren Kementerian Agama RI Dr. Mahrus, M.Ag. mengatakan acara Global Santri Fest 2024 sangat membantu para santri yang ingin ke luar negeri, khususnya Amerika Serikat. Dengan menghadirkan pembicara dan alumni penerima beasiswa yang kuliah di Amerika Serikat, semakin memotivasi para santri dan santriwati untuk kuliah ke Amerika Serikat.

"Semoga dengan mengikuti acara Global Santri Fest 2024, semakin banyak santri dan santriwati bisa mendapat beasiswa dan kuliah di Amerika Serikat," ungkapnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)