Bali Berencana Buka Keran Masuknya Wisman, Satgas Ingatkan Ini

Selasa, 18 Agustus 2020 - 21:22 WIB
loading...
Bali Berencana Buka Keran Masuknya Wisman, Satgas Ingatkan Ini
Pemerintah Provinsi Bali berencana membuka keran bagi masuknya wisatawan mancanegara (wisman) pada 11 September 2020 mendatang. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi Bali berencana membuka keran bagi masuknya wisatawan mancanegara (wisman) pada 11 September 2020 mendatang.

Terkait hal tersebut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan untuk membuka kegiatan sosial atau ekonomi di suatu daerah harus dilakukan secara bertahap. (Baca juga: September, Bali Dibuka untuk Wisatawan Mancanegara)

“Perlu kami sampaikan bahwa untuk bisa membuka suatu daerah untuk kegiatan sosial ekonomi, salah satunya pariwisata seperti Bali, tentunya pemda di Bali baik provinsi atau kabupaten/kotanya harus benar-benar melakukan proses bertahap," katanya saat konferensi pers di Kantor Presiden, Selasa (18/8/2020). (Baca juga: Pemprov Bali Bersama Majelis Adat Bentuk Satgas Lawan Covid-19)

Tahap pertama yang harus dilakukan adalah prakondisi. Dimana Pemda Bali harus memastikan situasi di wilayahnya baik dalam hal fasilitas kesehatan maupun kapasitas testing . Termasuk memastikan bahwa fasilitas wisata dan transportasinya sudah dapat menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (Baca juga infografis: Bali Masuk 5 Destinasi Terbaik Dunia 2020 Pilihan Wisatawan)

“Kalau tadi 11 September, pastikan timingnya tepat. Artinya dibuka saat semua kesiapan sudah memenuhi, masyarakat sudah siap, pengelola usaha perhotelan dan transportasi sudah siap. Dan sudah dilakukan simulasi,”ungkapnya.

Lalu juga harus ditetapkan prioritas di setiap daerah. Pasalnya bisa saja tidak semua wilayah Bali dibuka. “(Bisa saja) bertahap dari kabupaten/kota tertentu. Kalau ini dilakukan dengan baik dan koordinasi antara pemerintah pusat dan pemda, dan dilakukan monitor dan evaluasi, tentunya pembukaan wisata bisa dilakukan secara bertahap dan bertanggung jawab,” katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1787 seconds (0.1#10.140)