Arus Balik 2024, Pelabuhan Bakauheni Ramai Lancar

Minggu, 14 April 2024 - 08:14 WIB
loading...
Arus Balik 2024, Pelabuhan Bakauheni Ramai Lancar
Pergerakan pemudik yang ingin kembali ke Pulau Jawa dengan melakukan penyeberangan via Pelabuhan Bakauheni pada pagi ini, Minggu (14/4/2024) terpantau ramai lancar. Foto: iNews Media/Riyan Rizki Roshali
A A A
LAMPUNG - Pergerakan pemudik yang ingin kembali ke Pulau Jawa dengan melakukan penyeberangan via Pelabuhan Bakauheni pada pagi ini, Minggu (14/4/2024) terpantau ramai lancar.

Aktivitas di Pelabuhan Bakauheni belum terjadi antrean yang mengular. Para pemudik yang menunggu kendaraannya naik ke kapal terlihat keluar dari mobilnya untuk membeli makan maupun minuman.



Sebelumnya, pemerintah telah menyiapkan strategi dan upaya guna menangani arus balik Lebaran dari Pulau Sumatera ke Jawa. Berbagai langkah telah diambil termasuk menyiapkan rencana cadangan untuk mengantisipasi sekaligus mengurai kepadatan di pelabuhan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menugaskan PT ASDP agar membuat rencana cadangan dalam menghadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi sehingga pergerakan menjadi mulus dan tidak terjadi antrean.

"Intinya, keterpaduan dari regulator, operator, dan aparat. Saya pikir komandonya di tangan Kapolda dan Gubernur Lampung, jika ada operator dan regulator yang tidak cekatan bisa ditegur agar pola operasinya lebih baik. Kita berharap mudik ceria, aman, dan selamat terwujud," ujar Budi Karya, Sabtu (13/4/2024).

Pihaknya akan memaksimalkan Pelabuhan Panjang yang berfungsi sebagai pelabuhan penyeberangan. Ada 3 kapal yang dioperasikan dari pelabuhan tersebut dengan keberangkatan pukul 12.00, 14.00, dan 16.00 WIB.

Menhub juga mengingatkan truk 3 sumbu tidak boleh jalan selama arus balik. Hal ini dikarenakan truk 3 sumbu berpotensi mengganggu perjalanan dan sulit dikendalikan dalam rekayasa lalu lintas.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1332 seconds (0.1#10.140)