Subuh, Napi Teroris Lapas Blitar Dipindahkan ke Nusakambangan

Senin, 26 November 2018 - 19:48 WIB
Subuh, Napi Teroris Lapas Blitar Dipindahkan ke Nusakambangan
Subuh, Napi Teroris Lapas Blitar Dipindahkan ke Nusakambangan
A A A
BLITAR - Setelah dua tahun menghuni Lapas Klas II B Blitar, Budi Utomo, narapidana kasus terorisme dilayar ke Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Pemindahan dilakukan pagi hari, usai Budi Utomo menunaikan salat subuh.

"Sebelum berangkat, yang bersangkutan sempat mandi dan salat subuh,"ujar Kepala keamanan Lapas Klas II B Blitar Bambang Setyawan kepada wartawan Senin (26/11/2018).

Proses pemindahan dari kamar tahanan ke dalam kendaraan (mobil) mendapat pengawalan ketat. Tidak hanya dikawal aparat Polres Blitar Kota. Untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan, pengawalan langsung dipimpin tim detasemen khusus 88 anti teror.

Proses pemindahan ke dalam mobil berlangsung sekitar 20 menit. "Dari Blitar langsung menggunakan jalan darat menuju Nusakambangan," terang Bambang.

Sebelum menghuni Lapas Klas II Blitar sejak 22 Januari 2016, Budi Utomo sempat mendekam di Lapas Klas I Malang dan Lapas Klas I Surabaya. Atas keterlibatanya dengan jaringan terorisme, Budi divonis 10 tahun penjara.

Adapun pemindahan ke Nusakambangan itu sendiri, kata Bambang, hanya mengikuti surat perintah Direktorat Jenderal Pemasyarakatan."Sisa hukuman yang bersangkutan masih empat tahun lima bulan," terang Bambang. Selain Budi Utomo, Lapas Klas II Blitar juga dihuni satu napi teroris lain, yakni Sonhaji.

Menurut Bambang, Sonhaji masuk ke Lapas Blitar mulai 11 September 2017 lalu. Sebelumnya yang bersangkutan mendekam di Rutan Mako Brimob Kelapa Dua Depok, Jawa Barat dan Rutan Klas I Jakarta Pusat. "Saat ini masih ada satu orang napi teroris yang bernama Sonhaji," katanya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6034 seconds (0.1#10.140)