GP Ansor Satukan Komponen Anak Muda melalui Serangkaian Kegiatan Ramadan

Senin, 08 April 2024 - 15:11 WIB
loading...
GP Ansor Satukan Komponen Anak Muda melalui Serangkaian Kegiatan Ramadan
Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor, Addin Jauharuddin ingin organisasinya menjadi lumbung dari gagasan-gagasan anak muda. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Situasi Pilpres 2024 yang banyak membelah masyarakat, mendorong Gerakan Pemuda Ansor berikhtiar menyatukan banyak komponen anak anak muda dalam banyak rangkaian kegiatan. Upaya ini juga sekaligus mengembangkan hubungan yang semakin inklusif, inovatif dan kolaboratif dengan berbagai lapisan masyarakat, terutama anak-anak muda.

Hal ini tercermin dari ragam kegiatan pengajian komunitas anak-anak muda yang diikuti ratusan orang di setiap kegiatannya, antara lain; Bu(k)bar dan Pengajian (19/3/2024) di Warung Apresiasi Bulungan (Wapres) Blok M, sebuah tempat yang lahirnya kebudayaan anak-anak muda, seniman dan musisi besar, sebut saja Iwan Fals, Anto Baret, Mbah Surip, dll. Tempat di mana komunitas pengamen jalanan (KPJ) berkumpul.



Selain itu juga digelar di kafe Kemang (25/3/2024), sebuah tempat tongkrongan anak-anak muda, di mana industri kreatif banyak tumbuh serta di pelataran Taman Ismail Marzuki (TIM) (2/4/2024), di mana pusat kesenian dan kebudayaan tumbuh dan melahirkan komunitas-komunitas besar.

Apa yang digelar oleh Ansor adalah dalam rangka juga mengembangkan Ansor Hub, sebuah gagasan pengembangan komunitas Ansor, yang akan terhubung dengan jutaan jaringan anak-anak muda di 12 kota besar di Indonesia.

Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor, Addin Jauharuddin ingin organisasinya menjadi lumbung dari gagasan-gagasan anak muda.

"Kami ingin menghadirkan Ansor dengan cita rasa baru, corak yang segar di kalangan milenial agar keberadaan Ansor dirasakan oleh mereka, dan Ansor juga dibersamai mereka. Ansor ingin menjadi lumbung gagasan-gagasan anak muda dipertemukan,” ujar Addin dalam keterangannya, Minggu (8/4/2024).

Selain tiga kegiatan tersebur, GP Ansor menginstruksikan kepada seluruh pengurus membawa makanan dan minuman khas daerahnya masing-masing. Penampakan makanan-minuman khas nusantara ini dilakukan pada saat perkenalan calon pengurus harian (27/3/2024) sekaligus dirangkai dengan kegiatan Nuzulul Qur’an dan santunan yatim piatu (28/3/2024) yang bekerja sama dengan Aice Group.

Upaya melipatgandakan kebaikan juga dilakukan dengan buka puasa bersama, tadarus, tarawih bersama setiap hari dan dilanjutkan dengan kegiatan podcast mengundang berbagai narasumber kreatif dan mumpuni.

Terakhir, GP Ansor mendirikan 250 posko mudik se-Indonesia sebagai upaya menjadi jembatan silaturahmi antara pemudik dengan keluarga di kampung halaman. Ansor berpartisipasi untuk menjaga lancar dan nyamannya mudik Lebaran 2024.



Ini merupakan komitmen Ansor dalam Posko Mudik Banser 2024 yang didukung dengan distribusi produk-produk Unilever Indonesia. Ansor berkhidmat tanpa batas untuk agama, negara, bangsa, masyarakat, dan kemanusiaan.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1860 seconds (0.1#10.140)