Istana Merdeka Tak Seramai Biasanya, Ruang Tunggu Mantan Presiden-Wapres Kosong

Senin, 17 Agustus 2020 - 09:54 WIB
loading...
Istana Merdeka Tak Seramai Biasanya, Ruang Tunggu Mantan Presiden-Wapres Kosong
Halaman Istana Merdeka. Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Jika biasanya Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Halaman Istana Merdeka mulai ramai sejak pagi, berbeda dengan kali ini. Halaman Istana Merdeka terlihat lengang.

Tidak ada lagi kegiatan seni budaya jelang upacara Detik-Detik Proklamasi. Pasalnya, kegiatan seni budaya telah berpindah ke televisi ataupun media virtual. Ruang tunggu mantan presiden dan wakil presiden (wapres) juga tampak kosong. Pemandangan situasi HUT RI di Istana Merdeka kali ini memang jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

( ).

"Tentunya dari konsep terlihat sederhana sekali. Biasanya pada pukul 09.00 WIB sudah ramai oleh kegiatan seni budaya di Halaman Istana Merdeka. Tapi ini dipindahkan ke televisi atau ke ruang virtual. Biasanya ratusan peserta mengikuti upacara. Sekarang hanya 20 orang saja. Di mimbar kehormatan hanya 14 orang saja," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Senin (17/8/2020).
Istana Merdeka Tak Seramai Biasanya, Ruang Tunggu Mantan Presiden-Wapres Kosong

Ruang tunggu mantan presiden dan wakil presiden (wapres) juga tampak kosong. Tangkapan layar

( Baca juga: HUT ke-75 RI, JK Tekankan Semangat Kerja Keras-Kerja Cerdas ).

Adanya pandemi Covid-19 membuat pemerintah harus menyesuaikan kegiatan tahunan ini sesuai dengan protokol kesehatan. Bey memastikan bahwa yang hadir di Istana Merdeka telah menjalani swab test untuk mencegah penularan Covid-19 . Meski tak semeriah biasanya, dia berharap upacara kali ini tetap berjalan khidmat. "Kami yakin acara tetap khidmat," ujarnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4418 seconds (0.1#10.140)