Merak Semakin Padat, dari Gerbang Pelabuhan sampai Masuk Kapal Butuh 4 Jam Lebih

Minggu, 07 April 2024 - 07:44 WIB
loading...
Merak Semakin Padat, dari Gerbang Pelabuhan sampai Masuk Kapal Butuh 4 Jam Lebih
Situasi Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak pada hari ini atau H-3 Lebaran semakin padat. Foto/MPI/tangguh yudha
A A A
BANTEN - Situasi Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak pada hari ini atau H-3 Lebaran semakin padat. Dibutuhkan waktu berjam-jam untuk bisa masuk ke dalam kapal.

Berdasarkan pantauan langsung pada pagi hari ini sekitar pukul 7.00 WIB, tampak kantong-kantong parkir di area pelabuhan penuh sesak dengan kendaraan pemudik.

Adapun kendaraan yang mengantre untuk menyeberang ke Pulau Sumatera didominasi oleh pelat B. Saking padatnya, antrean masuk dari gerbang utama pelabuhan hingga bisa masuk ke dalam kapal memakan durasi berjam-jam.



Hal ini seperti diungkap oleh salah satu pemudik asal Tangerang, Sulaiman. Dia yang hendak pulang ke kampung halaman di Bangka itu mengaku telah menghabiskan waktu hingga 4 jam dari gerbang masuk pelabuhan hingga ujung dermaga. "Sudah 4 jam dari gerbang pelabuhan sampai sini. Belum lagi sekarang ini nunggu kedatangan kapal," ungkapnya Minggu (7/4/2024).

Sulaiman menyebut, antrean panjang juga dirasakan baik sebelum masuk exit Tol Merak maupun setelah keluar dari tol tepatnya di Jalur Cikuasa Atas menuju pelabuhan. Sulaiman yang keluar exit Tol Merak pada pukul 02.00 WIB dini hari itu mengatakan, lalu lintas sejak tadi malam padat merayap bahkan macet total.



Untuk diketahui, jarak dari exit tol merak hingga ke titik penyekatan sendiri berjarak kurang lebih 10 kilometer. "Saya tap exit tol tadi sekitar jam 2. Sebelum exit tol juga sudah macet dari KM 90-an, terus keluar tol juga macet lagi karena ada penyekatan. Ini parah sih (macet) dibanding tahun sebelumnya," kata Sulaiman.

Sebagai informasi, pada 6-7 April memang telah diprediksi menjadi puncak arus mudik di Pelabuhan Merak. Mengingat di tanggal tersebut terjadi peningkatan pemesanan tiket kapal baik di Dermaga Eksekutif maupun di Dermaga Reguler.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1187 seconds (0.1#10.140)