Bongkar Spesifikasi Titus Bikin Ngeri! Kendaraan Tempur Super Canggih Besutan Eropa

Selasa, 02 April 2024 - 23:02 WIB
loading...
A A A
Dengan tingkat modularitasnya yang tak tertandingi dilengkap dengan perlengkapan misi tempur, perlengkapan lingkungan operasional, dan beragam varian, TITUS mampu memenuhi berbagai misi mulai dari transportasi infanteri hingga misi tempur, dari Operasi Penjaga Perdamaian hingga Penanggulangan Pemberontakan, TITUS menghadirkan teknologi ke dalam satu kesatuan yang komplit dan terintegrasi.

Titus Kombinasi Pengalaman dan Teknologi Terbaik


Seperti juga kendaraan tempur besutan Nexter, Titus juga dilengkapi dengan E-Periscope dibuat khusus, kualitas optik tinggi, Full HD, realibilitas tinggi & latensi rendah, tampilan nyaman & santai, sesuai dengan lingkungan paling keras, bebas ITAR. Bisa dikatakan bahwa Nexter menggabungkan pengalaman dan teknologi terbaiknya dalam Titus.

Pada tour factory kali ini, delegasi Indonesia juga berkesmpatan melihat lebih dekat lokasi pembuat Titus dan kendaraan tempur lainnya seperti Caesar di Roanne KNDS Plant. Di pabrik KNDS yang terbesar di Prancis ini, dapat lebih dekat proses pembuatan tahap demi tahap kendaraan yang tergabung dalam Program Scorpion yang digadang-gadang memproduksi 4.000 kendaraan tempur hingga 2035 mendatang.

Di Roanne inilah, sistem persenjataan yang telah diproduksi diintegrasikan assembly pada tank atau kendaraan militer dalam sebuah sistem yang komprehensif.

"Benar sekali, ya. Ini bagian yang sangat penting dalam kegiatan kami, seperti yang kita ketahui, dalam menghadapi konflik modern, idenya adalah untuk bisa bertahan di medan perang. Jadi, Anda memerlukan sarana yang sangat kuat, mampu mempertahankan operasionalnya serta memastikan bahwa sarana yang dimiliki tetap pada tingkat kinerja di level terbaik," kata Guillaume Pengam, Marketing Director Vehicles Nexter KNDS Group,

Roanne juga merupakan pabrik kendaraan terbesar di Prancis, diproduksinya kendaraan tempur seperti Titus untuk memasok keperluan angkatan bersenjata Prancis dan juga negara-negara di dunia.

Selain Titus Augmented Mission, kendaraan lapis baja VBCI 2 8x8 dengan menara CTA 40mm, Nexter juga menghadirkan berbagai peralatan militer dan kendaraan tempur seperti Kendaraan Darat Tak Berawak Nerva LG, amunisi berkisar antara 20 hingga 155mm, Kendaraan pengintai lapis baja Jaguar 6x6, menara RapidFire dalam versi negaranya dan dudukan manual tugas ringan P20, keduanya dalam skala 1/5. Di lapangan Udara, senjata POD NC621 dan pintu geser SH20 dipasang untuk helikopter.

Dengan keahliannya di bidang idustri pertahanan darat itulah, Nexter KNDS telah dipercaya pemerintah Indonesia, melalui PT Pindad dalam pengadalan alutsista TNI.

"Saat ini kami menjalin kerjasama dengan PT Pindad di bidang amunisi. Proyek pertama yang kita lakukan bersama untuk tahun ini adalah amunisi tank. Di Indonesia, Anda memiliki ranpur utama Leopard 120mm, dan proyek kami bersama PT Pindad adalah mengalihkan produksi amunisi di PT Pindad," ujar Asia Sales Vice President / Weapons & Ammuntion Business Unit Gael Baillon.

Selain membantu Indonesia dalam pemenuhan alusista, Nexter KNDS memang terus menunjukkan keseriusannya dalam bersinergi jangka panjang dan berkelanjutan dengan Indonesia melalui kesiapan transfer teknolog, pengetahuan dan manufaktur.

Hal itu terlihat pula dalam intensitas keterlibatannya dalam kajian pertahanan bersama Lemhannas RI. Nexter KNDS dipastikan akan ambil bagian dalam forum Jakarta Geopolitical Forum JGF 2024.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2094 seconds (0.1#10.140)