Suhu Arab Saudi 50 Derajat saat Haji, Jemaah Haji Harus Lakukan Ini

Sabtu, 30 Maret 2024 - 09:09 WIB
loading...
Suhu Arab Saudi 50 Derajat saat Haji, Jemaah Haji Harus Lakukan Ini
Suhu Arab Saudi 50 Derajat saat Haji, Jemaah Haji Harus Lakukan Ini/Dok. Sindonews
A A A
Suhu Arab Saudi mencapai 50 derajat celcius saat musim haji 2024 pada Mei hingga Juli mendatang dan harus diwaspadai jemaah haji Indonesia. Inilah yang harus dilakukan jemeah haji Indonesia agar bisa menjalani ibadah haji dengan nyaman.

Direktur Bina Haji Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Arsad Hidayat mengungkapkan tahun ini suhu di Arab Saudi diprediksi akan mencapai 50 derajat celsius. "Jadi saat musim haji nanti, terutama saat jemaah menjalani ibadah di puncak hajiArmuzna(Arafah, Mina dan Muzdalifah) suhu di Arab Saudi bisa sampai 50 derajat. Ini sangat perlu diperhatikan jemaah," ungkap Arsad Hidayat.



Arsad memberikan penjelasan di sela Bimbingan Teknis Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2024 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Tumur, meminta agar jemaah haji Indonesia memeprsiapkan diri untuk mengantisiipasi cuaca panas di Arab Saudi.

Dia menyarankan agar jemaah haji Indonesia tidak memaksakan diri mengejar ibadah sunah saat panas terik di Arab Saudi. Arsad menyarankan jemaah haji menghemat tenaga di awal-awal kedatangannya ke tanah suci, baik di Madinah atau Makkah untuk menyiapkan diri di puncak ibadah haji yakni dimulai dariwukufdiArafah.

Dia mengimbau jemaah haji tidak memaksakan diri ibadah Arbain 40 waktu di Masjid Nabawi saat cuaca terik kaena salat di mana pun di tanas suci pahalanya sama.Apalagi saat saat kondisi panas sekali jemaah diminta mempertimbangkan kebaikan dan menjaga diri termasuk kesehatan. "Penting jemaah perhatikan, saat penyelengaraan ibadah sepanjang musim haji untuk mempertimbangkan afdal dengan mengabaikan kemaslahatan jiwa," tuturnya.

Sebelum berangkat ke Tanah Suci, jemaah haji diminta menyiapkan barang-barang yang dibutuhkan untuk mengantisipasi suhu udara panas. Para jemaah diimbau menyiapkan barang-barang pendukung untuk mengantisipasi cuaca panas selain menyiapkan kondisi fisik agar tetap fit selama menjalankan ibadah haji hingga puncak haji.

Beberapa barang yang perlu disiapkan jemaah haji Indonesia di antaranya, membawa payung, memakai lips balm, sering minum air putih atau zamzam untuk menghindari dehidrasi, bawa kaca mata hitam, memakai sandal, dan minum vitamin.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1168 seconds (0.1#10.140)