Senam Haji Indonesia, Ikhtiar Tingkatkan Kualitas Kesehatan Jemaah Haji

Selasa, 26 Maret 2024 - 13:46 WIB
loading...
Senam Haji Indonesia, Ikhtiar Tingkatkan Kualitas Kesehatan Jemaah Haji
Senam Haji Indonesia, Ikhtiar Tingkatkan Kualitas Kesehatan Jemaah Haji/Andryanto Wisnuwidodo/Sindonews
A A A
Senam Haji Indonesia menjadi salah satu ikhtiar Pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesehatan jemaah haji Indonesia. Untuk pertama kalinya Senam Haji Indonesia diperkenalkan kepada calon Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1445 H/2024 M.

"Sengaja saat apel pagi kami perkenalkan senam haji kepada para calon PPIH Arab Saudi 1445 H/2024 M. Mereka perlu tahu, karena nanti akan membersamai jemaah di Tanah Suci," ungkap Direktur Bina Haji Arsad Hidayat di Jakarta, Minggu (24/3/2024).



Arsad Hidayat menuturkan, senam haji saat ini menjadi bagian dari manasik jemaah haji. "Selain senam haji, ada juga senam peregangan jemaah haji. Ini fungsinya untuk menjaga istita'ah kesehatan jemaah haji," tutur Arsad.

Arsad mengungkapkan, istita'ah kesehatan jemaah haji saat ini menjadi perhatian pemerintah. Istita'ah kesehatan ini bahkan menjadi persyaratan agar jemaah dapat melakukan pelunasan. Karenanya, upaya menjaga kesehatan para jemaah sepanjang prosesi haji menjadi perhatian PPIH juga. "Dengan dua senam ini, kami berharap jemaah dapat tetap bugar dan sehat sepanjang prosesi penyelenggaraan ibadah haji,"lanjut Arsad.

Selain jemaah, istita'ah kesehatan petugas juga menjadi perhatian. "Untuk itu pada tahun ini kita mulai melakukan tes kebugaran bagi petugas,"ungkap Arsad. "Ini bertujuan untuk memastikan para petugas siap secara fisik untuk melayani jemaah,"sambungnya.

Tes kebugaran bagi petugas haji dilaksanakan di sela penyelenggaraan Bimbingan Teknis Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2024. Para calon petugas PPIH diminta untuk menempuh jarak sejauh 1,6 km dengan berlari atau berjalan.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1559 seconds (0.1#10.140)