Didukung Banyak Pihak, Din Syamsuddin: KAMI Koalisi yang Sangat Majemuk

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 18:37 WIB
loading...
Didukung Banyak Pihak, Din Syamsuddin: KAMI Koalisi yang Sangat Majemuk
Deklarator KAMI, Din Syamsuddin mengatakan koalisi yang digagasnya telah mendapatkan banyak dukungan dari bernagai lapisan elemen masyarakat, mulai dari akademisi hingga emak-emak. Foto/iNews/Riezky Maulana
A A A
JAKARTA - Kelompok masyarakat bernama Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) akan mendeklarasikan diri mereka pada tanggal 18 Agustus 2020 mendatang di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat. Dipilihnya tanggal 18 Agustus sejalan dengan peringatan kemerdekaan Indonesia yang sudah mencapai usia 75 Tahun dan Hari Lahir Pancasila.

Deklarator KAMI, Din Syamsuddin mengatakan koalisi yang digagasnya telah mendapatkan banyak dukungan dari bernagai lapisan elemen masyarakat, mulai dari akademisi hingga emak-emak. Termasuk juga, kata dia, dukungan para jenderal purnawirawan dari tiga matra TNI dan mantan Panglima TNI. (Baca juga: AHY Satu-satunya Ketum Parpol Non-Pejabat di Sidang Tahunan MPR)

"KAMI alhamdulillah didukung oleh para tokoh dari berbagai elemen dan komponen bangsa, juga berbagai profesi. Jadi betul-betul KAMI adalah koalisi yang menghimpun berbagai figur yang ada dalam masyarakat Indonesia. Dapat digambarkan bahwa ini adalah koalisi yang sangat majemuk," ujar Din saat konferensi pers daring, Sabtu (15/8/2020).

Dia menuturkan, selain deklarasi di tanggal 18 Agustus pihaknya juga akan membacakan maklumat. Maklumat tersebut, sambungnya, diberi nama Maklumat Menyelamatkan Indonesia.

"Maklumat sudah disusun oleh komite kerja, dibawa ke dalam rapat pada seluruh grup deklarator sebanyak dua kali, sudah disepakati dan sudah final. Maklumat akan dibagikan di pembukaan pada hari deklarasi nantinya ya," jelasnya.

Dia pun menjelaskan secara singkat isi daripada maklumat itu sendiri yang setidaknya berisikan keprihatinan KAMI atas kehidupan masyarakat Indonesia di beberapa aspek. Aspek-aspek tersebut antara lain, bidang ekonomi, politik, sosial budaya, hukum dan ham, dan Sumber Daya Alam (SDA).

"KAMI akan menjelaskan pada setiap butir sektor dari kehidupan kita itu nilai terjadi kerusakan, terjadi penyimpangan dan penyelewengan," katanya.

Kemudian, kata dia, di bagian akhir dari maklumat itu KAMI akan mengajukan 8 tuntutan. Menurutnya, tuntutan yang diajukan kepada penyelenggara negara dan bahkan secara spesifik kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) selaku kepala negara dan kepala pemerintahan.

"Di bagian akhir dari maklumat itu kami mengajukan 8 tuntutan. Kami akan mengeluarkan maklumat itu pada hari deklarasinya, Selasa 18 agustus 2020," tegas Din. (Baca juga: Jelang Deklarasi, Dukungan kepada Koalisi Din Syamsuddin dkk Muncul)

Adapun tetang tokoh yang akan menjadi deklarator dan menyatakan akan hadir dalam acara di Tugu Proklamasi antara lain Din Syamsuddin, Rachmawati Soekarnoputri, Gatot Nurmantyo, Rochmat Wahab, Said Didu, Refly Harun, dan MS Kaban.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2164 seconds (0.1#10.140)