Viral Hasyim Asy'ari Diberi Kue Ulang Tahun oleh Caleg, KPU Bilang Begini

Minggu, 17 Maret 2024 - 22:29 WIB
loading...
Viral Hasyim Asyari Diberi Kue Ulang Tahun oleh Caleg, KPU Bilang Begini
Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Idham Holik angkat bicara ihwal ketuanya, Hasyim Asyari diberikan kue ulang tahun oleh calon anggota legislatif (Caleg). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Idham Holik, angkat bicara ihwal ketuanya, Hasyim Asy'ari yang diberikan kue ulang tahun oleh calon anggota legislatif (Caleg) dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) pada saat proses rekapitulasi suara berjenjang tingkat nasional beberapa waktu lalu.

Idham mengaku pada saat peristiwa tersebut terjadi, dia tengah memimpin rekapitulasi suara berjenjang tingkat nasional di panel B atau ruangan yang berbeda.

Dia juga mengaku belum sempat bertanya perihal peristiwa itu yang kini belakangan menjadi sorotan publik.

"Sampai saat ini saya belum bertanya terkait hal tersebut. Jadi dengan demikian, saya minta maaf sekali belum bisa memberikan penjelasan. Ke beliau aja langsung, saya belum sempet nanya," kata Idham kepada wartawan, Minggu (17/3/2024).



Idham pun kembali tak mau berkomentar banyak apakah peristiwa itu bagian yang tak melanggar etis atau tidak. Pasalnya, ia mengaku tak mengetahui secara pasti kejadian tersebut.

"Komentar yang etis itu, komentar yang dilengkapi dengan informasi yang komperhensif. Bagaimana saya komperhensif, sedangkan saya belum tahu," ujarnya.

Sebelumnya, ramai di media sosial seorang kader yang juga sebagai calon legislatif (caleg) dari PSI Marsha Siagian yang membuat konten ikut dalam perayaan ulang tahun Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari.

Dalam video itu, Marsha memperlihatkan sedang memberikan kue untuk Hasyim Asy'ari. Dari viralnya video tersebut, para netizen menganggap jika hal itu merupakan sebuah gratifikasi dari PSI kepada Ketua KPU RI, di tengah situasi penghitungan suara pasca pemilu 2024.

Video berdurasi satu menit itu, memperlihatkan kejutan pemberian kue ulang tahun untuk Hasyim Asy'ari, yang dianggap pemberian langsung dari partai yang dipimpin putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangerep.

Sementara, Wakil Dewan Pembina PSI Grace Natalie menegaskan, jika video viral pemberiam kue ulang tahun kepada Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari bukanlah pemberian dari pihaknya.

Grace mengatakan, jika kue ulang tahun itu diberikan langsung oleh pegawai KPU RI dan bukan pemberian dari PSI secara langsung.

"Kue itu dari karyawan KPU ke Pak Hasyim bukan dari kami," kata Grace saat dihubungi, Sabtu (16/3/2024).
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2104 seconds (0.1#10.140)