Kapal Pencari Ikan Korea Selatan Terbalik, 3 ABK WNI Tewas

Minggu, 10 Maret 2024 - 15:37 WIB
loading...
Kapal Pencari Ikan Korea Selatan Terbalik, 3 ABK WNI Tewas
irektur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Judha Nugraha. Foto/Dok Kemlu
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyampaikan bahwa 3 warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi anak buah kapal (ABK) di kapal penangkap ikan Korea Selatan (Korsel) tewas. Diketahui, KBRI Seoul telah mendapat informasi dari Pemerintah Korea terkait tenggelamnya kapal penangkap ikan 2 Haesinho di Perairan Korea, akibat kecelakaan pada Sabtu (9/3) lalu.

“Hingga Minggu, 10 Maret 2024, telah ditemukan 4 ABK kapal penangkap ikan 2 Haesinho yang tenggelam di Laut Yeosu Selatan. Keempat ABK tersebut terdiri dari 3 WNI dan 1 warga Korsel. Keempatnya meninggal dunia,” kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kemlu Judha Nugraha dalam keterangannya, Minggu (10/3/2024).

Kemudian proses pencarian masih terus dilakukan Korean Coast Guard (KCG) untuk 5 ABK lainnya, terdiri dari 4 ABK WNI dan 1 ABK Korsel. KBRI Seoul telah mengirimkan Tim Pelindungan WNI ke Tongyeong, sekitar 5 jam perjalanan darat dari Seoul.

“Tim berkoordinasi erat dengan KCG untuk proses pencarian dan Rumah Sakit SAE Tongyeong untuk proses penanganan jenazah,” katanya.

Kini KBRI Seoul masih terus berkoordinasi dengan Korean Coast Guard dalam melakukan pencarian intensif atas ABK lainnya. Kemlu turut menelusuri data keluarga ABK WNI guna pemenuhan hak-haknya.

"Kemlu telah berhasil menghubungi seluruh keluarga 7 ABK WNI untuk menyampaikan update proses pencarian dan penanganan jenazah,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3962 seconds (0.1#10.140)