Kopassus Latih Prajurit TNI yang Akan Tugas Operasi di Pusdiklatpassus Batujajar

Jum'at, 08 Maret 2024 - 20:29 WIB
loading...
Kopassus Latih Prajurit TNI yang Akan Tugas Operasi di Pusdiklatpassus Batujajar
Danjen Kopassus Brigjen TNI Djon Afriandi mengatakan Kopassus akan menggelar Latihan Sistem Blok kepada prajurit dari satuan lain yang akan berangkat tugas. Foto/SINDOnews/Sucipto
A A A
JAKARTA - Komando Pasukan Khusus (Kopassus) akan menggelar Latihan Sistem Blok kepada prajurit dari satuan lain yang akan berangkat tugas. Latihan tersebut akan digelar selama sebulan di Pusdiklatpassus, Batujajar, Bandung, Jawa Barat.

Hal itu disampaikan Danjen Kopassus Brigjen TNI Djon Afriandi saat serah terima jabatan (sertijab) dan penyerahan satuan Kopassus dari Mayjen TNI Deddy Suryadi di Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Jumat (8/3/2024).

Baca juga: Brigjen TNI Djon Afriandi Resmi Jabat Danjen Kopassus

"Latihan Sistem Blok, sebenarnya program ini sudah sering dilakukan prajurit Kopassus. Namun ini akan kita tularkan kepada satuan-satuan lain yang akan berangkat tugas," ujarnya.

Djon menjelaskan keuntungan dari program ini antara lain waktu lebih efektif, cost bisa diminimalkan, dan kemampuan prajuritnya dari mulai tahapan tingkat, bertahap, dan berlanjut bisa didapatkan.

"Kita coba evaluasi kegiatan yang ada di satuan luar, ternyata pada saat prajurit melakukan latihan perseorangan, pada saat dia melakukan latihan tingkat selanjutnya ada jeda kegiatan lain sehingga tidak bisa maksimal," jelasnya.

Dengan Latihan Sistem Blok selama sebulan dari mulai latihan perorangan, regu hingga tingkat kompinya. "Dalam sebulan dia harus melakukan semuanya sehingga kemampuan diharapkan bisa terukur. Hasil yang dicapai bisa sesuai yang diharapkan," katanya.

Djon menambahkan pelatihan tersebut akan dilakukan di Pusdiklatpassus Batujajar. "Selain di satuan-satuan lain, Panglima TNI menitipkan di Pusdilatpassus untuk pemantapan yang lebih sebelum melaksanakan tugas," ucapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut para Perwira Kopassus di antaranya, Wadanjen Kopassus Brigjen TNI Yudha Airlangga, Danpusdilatpassus Brigjen TNI Fikri Musmar.

Selain itu, Dan Grup 1 Kolonel Inf. Irfan Amir Dan Grup 2 Letkol Inf. Wahyo Yuniartoto, Dan Grup 3 Letkol Inf. Ginda M Ginanjar. Dansat 81 Kopassus Letkol Inf. Nur Wahyudi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)