Sunyi Academy Berikan Pelatihan Kompetensi Barista kepada 40 Difabel

Selasa, 27 Februari 2024 - 19:12 WIB
loading...
Sunyi Academy Berikan Pelatihan Kompetensi Barista kepada 40 Difabel
Sebanyak 40 peserta dari kalangan difabel mengikuti workshop dan pelatihan barista selama empat bulan. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Sebanyak 40 peserta dari kalangan difabel mengikuti workshop dan pelatihan barista selama empat bulan. Para difabel yang ikut pelatihan adalah mereka yang lolos penjaringan dari 300 peserta terdaftar.

Kegiatan ini merupakan kerja sama Danamon Peduli berupa program Berbagi Dalam Sunyi bersama Sunyi Coffee dan Sunyi Academy. Rangkaian pelatihan ditutup dengan pembagian sertifikat.

Ketua Yayasan Sunyi Harapan Indonesia Mario Gultom mengatakan, selama empat bulan para peserta mengikuti rangkaian pelatihan. Pelatihan bertujuan membangun kemandirian kawan-kawan difabel agar mampu menyongsong masa depan yang lebih baik.

"Kami berharap teman-teman difabel terus berkembang dan tetap menjaga semangatnya agar kelak mereka bisa bekerja menjadi barista di kafe atau hotel atau bahkan membuka coffee shop sendiri,” ujar Mario, Selasa (27/2/2024).

Sesi pelatihan kelas barista dan magang bagi kawan difabel berlangsung sejak Oktober 2023 hingga Februari 2024 di tiga tempat yakni Kelapa Gading 1, Kebon Jeruk Intercon, dan Bekasi Juanda.

Adapun batch terakhir atau keempat diadakan pada 26 Februari 2024 di Menara Bank Danamon tepat sebelum acara penutupan.

Di beberapa cabang Danamon seperti Pondok Indah Mall 2, Kelapa Gading 1, Matraman, Usman Harun, dan Kebon Jeruk Intercon, nasabah dapat membeli dan menikmati kopi dari booth Sunyi Coffee seharga Rp1 dengan menggunakan QRIS D-Bank PRO.

Melalui pembelian tersebut, nasabah otomatis berdonasi sebesar Rp30.000 bagi kawan-kawan difabel yang membutuhkan.

Selama masa donasi, Danamon bersama Sunyi Coffee berhasil menjual lebih dari 3.000 gelas. Hasil penjualan telah didonasikan kepada Sunyi Academy untuk mendukung kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan workshop.

Dengan mengikuti Program Magang bersama Kopi Sunyi diharapkan para peserta dapat langsung mengimplementasikan berbagai materi yang sudah dipelajari selama mengikuti workshop.

Sustainability Finance Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk Abdul Hadi mengatakan, dukungan pihaknya dalam kegiatan pelatihan literasi finansial kepada para peserta mencakup perencanaan keuangan, pengelolaan keuangan, produk keuangan, dan menjadi bijak dalam penggunaan keuangan.

“Pembekalan materi literasi finansial ini diharapkan akan berguna dan menjadi bekal bagi para peserta kawan difabel dalam membangun masa depan yang lebih baik dan mandiri secara finansial," ujarnya.

Kolaborasi dengan Sunyi Kafe dan Sunyi Academy telah berjalan lancar dan sukses dengan jumlah transaksi lebih dari 3.200 dalam waktu dua bulan periode kegiatan donasi promosi Rp1 dengan QRIS D-Bank PRO.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)