Kakorlantas Survei Jalur Tol Jakarta-Semarang Cek Kesiapan Mudik Lebaran 2024

Senin, 26 Februari 2024 - 21:20 WIB
loading...
Kakorlantas Survei Jalur Tol Jakarta-Semarang Cek Kesiapan Mudik Lebaran 2024
Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan didampingi Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Raden Slamet Santoso melakukan Survei Jalur Tol Jakarta-Semarang Jawa Tengah. Foto/Korlantas
A A A
JAKARTA - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan didampingi Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Raden Slamet Santoso melakukan Survei Jalur Tol Jakarta-Semarang Jawa Tengah dalam rangka kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 .

Menurut Aan Suhanan, ruas jalur Tol Jakarta-Semarang telah siap untuk digunakan saat mudik Lebaran 2024 dan akan dipastikan tidak ada proses pengerjaan sebelum hari raya berlangsung.



Dalam kesempatan tersebut, Kakorlantas mendapatkan paparan dari Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Wibowo di Pos Pam Cikopo Polda Jabar dan Dirlantas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Sonny Irwan di Pos Pam GT Kalikangkung.

"Hari ini kita melaksanakan kegiatan survei kesiapan untuk kegiatan pengamanan Libur Idul Fitri tahun 2024, kesiapan kegiatan pengamanan dari kita seluruh dan stakeholder sudah cukup siap, baik tol maupun jalur arteri," ujar Irjen Aan di Pos Polisi Cikopo, Purwakarta, Senin (26/2/2024).

Ia juga menjelaskan pada tinjauan kali ini, sarana prasarana yang ada sudah siap dilalui, dimana beberapa tol dilengkapi pemasangan CCTV, Traffic Counting di Cipali, dan CCTV di Cisumdawu yang terintegrasi dengan Command Center KM 29.

"Dari prediksi teman-teman di BUJT terutama Jasa Marga diprediksi ada peningkatan 5-6% masyarakat pada Libur Idul Fitri yang akan keluar dari Jabodetabek, ini ada sekitar hampir 200 juta masyarakat Indonesia akan memanfaatkan atau akan melaksanakan mudik kemudian berwisata," jelasnya.

"Tadi kita sudah ikuti bersama untuk kesiapan wilayah Jawa Tengah, berdasarkan evaluasi Dirlantas Jawa Tengah sudah memetakan cara bertindak (CB) yang akan dilakukan, setidaknya ada tiga cluster kemungkinan atau tempat-tempat yang nanti akan menjadi perhatian," sambung Aan di Pos Pam GT Kalikangkung.

Rest area yang masih menjadi trouble spot akan dikelola bersama, bagaimana mengatasi masyarakat yang akan menuju rest area, agar arus lalu lintas berjalan lancar.

Selain itu, permasalahan yang sering terjadi juga karena pengendara yang tidak memiliki saldo e-toll tepat di pintu gerbang tol, hal tersebut tentu akan membuat perlambatan arus lalu lintas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2170 seconds (0.1#10.140)