Amien Rais Nilai Separuh Menteri Jokowi Layak Direshuffle

loading...
Amien Rais Nilai Separuh Menteri Jokowi Layak Direshuffle
Mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Amien Rais. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Amien Rais meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan perombakan (reshuffle) kabinet terhadap separuh menterinya yang dinilai tidak mumpuni.

Permintaan ini tertuang dalam rekomendasi Amien dalam risalahnya apabila Jokowi tak ingin turun dari jabatannya sebagai kepala negara.

"Masih ada harapan kalau sekitar separuh menteri kabinet pak Jokowi yang tidak kompeten segera di reshuffle dengan mereka yang jauh lebih mumpuni berdasarkan track record, pengetahuan, pengalaman dan komitmen kerakyatan," kata Amien dalam pemaparan Risalahnya berjudul Pilihan Buat Pak Jokowi: Mundur atau Terus? di Resto Pulau Dua, Jakarta Pusat, Kamis (13/8/2020). (Baca juga: Turun Gunung, Amien Rais Beri Dua Pilihan Ini kepada Jokowi)

Hanya saja saat disinggung lebih jauh siapa saja deretan menteri yang pantas dilakukan reshuffle versinya, Amien tak mau menyebutkan secara jelas. Akan tetapi, dia hanya mengisyaratkan ada jajaran menteri Jokowi yang tidak kompeten di bidangnya.



"Misalnya ahli pergojekan jadi ahli pendidikan, kemudian orang yang hidupnya bak surgawi tiba-tiba memikirkan rakyat," ujarnya.

Jika opsi ini dilakukan, dia masih menaruh harapan besar jika Jokowi sebagai kepala negara mau memperbaiki catatan kinerja buruk yang dinilainya telah gagal untuk membawa bangsa Indonesia lebih maju ke depannya.

"Kita kan husnudzon (berprasangka baik-red) toh ya kan. Siapa tahu kemudian jadi bagus," ujarnya.
(dam)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top