Hadi Tjahjanto Bakal Dilantik Jadi Menko Polhukam, Ini Sosoknya

Selasa, 20 Februari 2024 - 16:41 WIB
loading...
Hadi Tjahjanto Bakal Dilantik Jadi Menko Polhukam, Ini Sosoknya
Hadi Tjahjanto dikabarkan akan dilantik Presiden Jokowi menjadi Menko Polhukam, di Istana Negara. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Hadi Tjahjanto dikabarkan akan dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), di Istana Negara, Rabu 21 Februari 2024.

Hadi merupakan mantan Panglima TNI yang saat ini mengemban jabatan sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sejak 15 Juni 2022 lalu.

Kabar mengenai pelantikan Hadi sebagai Menko Polhukam ini diungkapkan oleh Bendahara Umum Partai Nasdem Ahmad Sahroni. “Isu burungnya demikian (Hadi Tjahjanto ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Menko Polhukam)," kata Sahroni dalam keterangannya, Selasa (20/2/2024).

Lalu, bagaimana sosoknya? Hadi Tjahjanto sudah dikenal dengan rekam jejak untuk memberantas mafia termasuk korupsi ketika dia menjabat sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pertahanan (Kemenhan) di tahun 2016 lalu.



Dia mengungkap kasus korupsi anggaran alat utama sistem persenjataan (alutsista) pembelian pesawat tempur F-16 dan helikopter Apache sebesar USD 12 juta yang membuat Brigjen Teddy Hernayadi divonis seumur hidup.

Sosok Hadi Tjahjanto yang moncer dalam memberantas korupsi pun membuatnya diangkat sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) pada 18 Januari 2017 atau tiga bulan setelah menjabat sebagai Irjen Kemenhan. Hadi Tjahjanto saat itu menggantikan Marsekal (Purn) Agus Supriatna.

Jejak Hadi Tjahjanto dalam memberantas korupsi terus berlanjut, dia membongkar kasus korupsi pembelian helikopter Augusta Westland (AW)-101 di lingkungan Markas Besar (Mabes) TNI AU di tahun 2017.

Hadi Tjahjanto kemudian menjabat Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang memasuki masa pensiun pada tanggal 8 Desember 2017. Hadi Tjahjanto merupakan Panglima TNI kedua yang berasal dari Angkatan Udara setelah Marsekal TNI Djoko Suyanto pada 13 Februari 2006. Hadi Tjahjanto kemudian digantikan Jenderal Andika Perkasa karena memasuki masa pensiun pada 17 November 2021.

Tak lama, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemudian menunjuk Hadi Tjahjanto sebagai komandan lapangan ajang balap motor internasional MotoGP yang berlangsung di Mandalika, NTB pada Maret 2022 lalu. Kemudian diangkat menjadi Menteri ATR/BPN sejak 15 Juni 2022.

Hadi Tjahjanto yang saat ini menjabat sebagai Menteri ATR/BPN pun berkomitmen untuk memberantas mafia tanah. Bahkan, Hadi Tjahjanto pernah dinobatkan MediaWave sebagai salah satu yang memiliki kinerja positif di antara para menteri di Kabinet Indonesia Maju selama periode 1-31 Desember 2022.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)