AHY Bakal Isi Kursi Menteri ATR? Begini Respons Partai Demokrat

Selasa, 20 Februari 2024 - 14:08 WIB
loading...
AHY Bakal Isi Kursi Menteri ATR? Begini Respons Partai Demokrat
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Foto/Dok SINDO
A A A
JAKARTA - Beredar kabar Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ) bakal dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Rabu (21/2/2024). Partai Demokrat merespons kabar tersebut.

Menurut Deputi Balitbang Partai Demokrat Syahrial Nasution, dirinya tidak tahu tentang isu bahwa AHY akan dilantik sebagai Menteri ATR. Namun, Syahrial menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah dua kali memanggil AHY ke Istana sebelum pelaksanaan Pemilu 2024. Selain itu, Jokowi dan AHY pun sempat makan pagi di Yogyakarta pada akhir Januari 2024.

Namun, Syahrial mengaku tidak tahu apa yang dibicarakan kedua tokoh tersebut. "Apakah soal kabinet? Hanya Presiden Jokowi dan AHY yang tahu," ujar Syahrial kepada SINDOnews, Selasa (20/2/2024).

Diberitakan sebelumnya, beredar kabar Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto bakal dilantik menjadi Menko Polhukam. Kemudian, beredar pula kabar posisi Hadi di Kementerian ATR diisi oleh AHY.



Bendahara Umum Partai Nasdem Ahmad Sahroni mendapat informasi pengganti Mahfud MD sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam). Sosok pengganti Mahfud yakni Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto. Hadi kini menjabat sebagai Menteri ATR.

"Isu burungnya demikian (Hadi Tjahjanto ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Menko Polhukam)" kata Sahroni saat dihubungi wartawan, Selasa (20/2/2024).

Sahroni pun merasa pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat tepat bila Hadi ditunjuk menjadi Menko Polhukam. "Kalau benar, maka pilihan presiden sangat tepat," tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menko Polhukam. Hal itu menyusul langkah Jokowi yang menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemberhentian dengan hormat Mahfud MD sebagai Menko Polhukam hari ini, Jumat (2/2/2024). Mahfud mundur karena tidak ingin ada konflik kepentingan dengan posisinya sebagai calon wakil presiden.

"Pada hari ini, Jumat, 2 Februari 2024, Presiden telah menandatangani Keppres No 20/P Tahun 2024, yang berisi pemberhentian dengan hormat Bapak Mahfud MD sebagai Menko Polhukam," kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, dalam keterangannya, Jumat (2/2/2024).

Di sisi lain,Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (16/2/2024) sore. "Hari ini saya dipanggil Pak Presiden dalam kedudukan saya sebagai Wamen," kata Raja Juli dalam keterangannya, Jumat (16/2/2024).
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1541 seconds (0.1#10.140)