Profil Anak Presiden RI dari Masa ke Masa

Selasa, 20 Februari 2024 - 07:02 WIB
loading...
Profil Anak Presiden RI dari Masa ke Masa
Sepanjang sejarahnya, Indonesia telah dipimpin 7 presiden, yakni Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Joko Widodo. FOTO/MUSEUM KEPRESIDENAN RI
A A A
JAKARTA - Deretan nama anak Presiden RI dari masa ke masa menjadi ulasan menarik untuk diketahui. Meski orang tuanya pernah menjadi pemimpin negara, tidak semua dari mereka mengikuti jejak di dunia politik.

Sepanjang sejarahnya, Indonesia telah dipimpin 7 presiden yang berbeda. Dimulai dari Presiden Soekarno hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Masing-masing Presiden RI memiliki keluarga besarnya sendiri-sendiri. Sebagian anak-anaknya mengikuti jejak ke dunia politik, tapi ada pula sebagian lain yang memilih profesi lain dalam kesehariannya. Berikut ini profil singkat anak Presiden RI dari masa ke masa:


Anak Presiden RI dari Masa ke Masa

A. Presiden Soekarno

1. Guntur Soekarnoputra
Guntur Soekarnoputra adalah anak pertama Soekarno dari istri ketiganya, Fatmawati. Kakak dari Megawati Soekarnoputri ini lahir pada 3 November 1944.

Saat berada di bangku kuliah, Guntur dikenal sebagai sosok aktivis pergerakan. Kendati begitu, ia tidak terlalu aktif di jagat politik.

2. Megawati Soekarnoputri
Megawati Soekarnoputri adalah Presiden ke-5 Republik Indonesia. Ia merupakan salah satu putri Bung Karno dari pernikahannya dengan Fatmawati.

Jika dibandingkan dengan saudara-saudaranya, Megawati menjadi anak Soekarno yang sukses di politik Tanah Air. Perempuan yang lahir pada 13 Januari 1947 ini bahkan masih aktif menjabat posisi Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hingga sekarang.

3. Rachmawati Soekarnoputri
Sekilas wajah Rachmawati Seokarnoputri sangat mirip dengan kakaknya, yaitu Megawati Soekarnoputri. Anak ketiga Bung Karno dari Fatmawati ini lahir pada 27 September 1950.

Sebagaimana sang kakak perempuannya itu, Rachmawati diketahui sempat berkecimpung juga di politik. Namun, peran dan popularitasnya memang tidak sebesar Megawati. Rachmawati telah meninggal dunia di Jakarta pada 3 Juli 2021.

4. Sukmawati Soekarnoputri
Sukmawati Soekarnoputri lahir pada 26 Oktober 1951. Ia juga termasuk sebagai salah satu anak Bung Karno dengan Fatmawati.

Sukmawati pernah aktif di dunia politik. Ia pernah menghidupkan kembali PNI, partai yang pernah dibentuk oleh Soekarno, dengan nama PNI Soepeni sekitar 1998.

5. Guruh Soekarnoputra
Guruh Soekarnoputra adalah anak bungsu Bung Karno dari pernikahannya dengan Fatmawati. Lahir 13 Januari 1953, ia awalnya memiliki ketertarikan berbeda dengan saudara-saudaranya.

Alih-alih terjun ke politik, Guruh lebih memilih menikmati dunia seni. Namun, pada akhirnya ia tetap masuk ke politik dan sempat menjadi anggota DPR.

6. Karina Kartika Sari Dewi Soekarno
Karina Kartika Sari Dewi Soekarno adalah putri Soekarno dari istrinya yang bernama Ratna Sari Dewi. Perempuan kelahiran 11 Maret 1967 ini diketahui tumbuh besar di luar negeri.

Pada perjalanan kariernya, Karina sempat menjadi seorang wartawan televisi di luar negeri. Tak hanya itu, ia juga dikenal sebagai sosok pegiat sosial.

7. Totok Suryawan Soekarnoputra
Berikutnya ada Totok Suryawan Soekarnoputra. Ia merupakan anak Bung Karno dari pernikahannya dengan Kartini Manoppo. Lahir pada 1967, Totok juga pernah terjun di dunia politik. Ia bahkan sempat mencalonkan diri sebagai Bupati di Pilkada Sulawesi Utara.

8. Rukmini Soekarno
Rukmini Soekarno lahir pada tahun 1943. Berbeda dengann saudara-saudaranya, ia sangat jauh dari dunia politik.

Sebagai gantinya, Rukmini lebih dikenal sebagai penyanyi opera dan tinggal di Roma pada 1960-an. Selain itu, ia juga banyak bergulat di dunia bisnis dan lainnya.

9. Taufan Soekarnoputra
Kemudian ada nama Taufan Soekarnoputra. Ia adalah anak Bung Karno dari pernikahannya dengan perempuan bernama Hartina.

Lahir pada 1955, Taufan dulunya menamatkan kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB). Pada 1985, ia didiagnosis terkena kanker usus besar dan sakit liver. Beberapa waktu berselang, Taufan tutup usia meski sudah menjalani serangkaian pengobatan di luar negeri.

10. Bayu Soekarnoputra
Selain Taufan, Bayu Soekarnoputra juga menjadi anak Bung Karno dengan Hartini. Ia lahir pada 1958.

Tak seperti anak-anak lain dari Bung Karno, namanya jarang tersorot oleh media. Hal ini membuat informasi tentang dirinya sangat terbatas.

11. Ayu Gembirowati
Ayu Gembirowati adalah putri Soekarno dari pernikahannya dengan Haryati pada 1963. Sama seperti Bayu, namanya juga jarang didengar, sehingga informasi mengenai kehidupannya tidak banyak diketahui.

B. Presiden Soeharto

1. Siti Hardijanti Rukmana
Siti Hardijanti Rukmana atau biasa disapa Mbak Tutut adalah Putri Presiden Soeharto yang lahir pada 23 Januari 1949.

Pada riwayatnya, Mbak Tutut pernah beberapa kali masuk ke dunia politik dan pemerintahan. Sebagai contoh, ia pernah menjadi Menteri Sosial Kabinet Pembangunan VII tahun 1988.

2. Sigit Harjojudanto
Berikutnya ada Sigit Harjojudanto. Akrab disapa sebagai Sigit, ia adalah anak kedua Seoharto dan Siti Hartinah.

Lahir di Surakarta, 1 Mei 1951, ia menikah dengan perempuan bernama Elsje Anneke Ratnawati. Pada kehidupan rumah tangganya, ia dikaruniai tiga orang anak yaitu Ari Sigit, Aryo Setyo, dan Eno Sigit.

3. Bambang Trihatmodjo
Bambang Trihatmodjo lahir di Surakarta, 23 Juli 1953. Pada kehidupannya, ia dikenal sebagai sosok pengusaha di Tanah Air.

4. Siti Hediati Hariyadi
Siti Hediati Hariyadi atau lebih sering disapa sebagai Titiek ini lahir pada 14 April 1959. Ia diketahui pernah berkarier di bidang politik dengan menjadi anggota DPR RI.

Pada kehidupan pribadinya, Titiek pernah menikah dengan Prabowo Subianto. Kehidupan rumah tangganya dikaruniai seorang anak bernama Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo atau Didit Hediprasetyo.

5. Hutomo Mandala Putra
Lebih dikenal sebagai Tommy Soeharto, putra Presiden ke-2 RI ini punya nama lengkap Hutomo Mandala Putra. Ia lahir pada 15 Juli 1962.

Pada 1997, Tommy Soeharto menikah dengan Ardhia Pramesti Regita Cahyani. Kehidupan rumah tangganya dikarunia dua orang anak yang diberi nama Dharma Mangkuluhur dan Radhayana Gayanti Hutami.

6. Siti Hutami Endang Adiningsih
Kemudian, ada Mimiek Soeharto. Lahir pada 23 Agustus 1964, ia memilih jalan berbeda dengan saudara-saudaranya perihal karier.

Mba Mimiek menikah dengan Pratikno Prayitno pada 1988 silam. Dari pernikahan tersebut, ia dikaruniai seorang anak laki-laki yang diberi nama Wiratama Hadi Rachmanto.

C. Presiden BJ Habibie

1. Ilham Akbar Habibie
Ilham Akbar Habibie lahir di Aachen, Jerman pada 16 Mei 1963. Ia diketahui pernah menempuh pendidikan tinggi teknik penerbangan di Technical University of Munich pada 1981 sampai 1986.

Pada 1999, Ilham mengikuti International Executive Program, INSEAD, Fontainbleau, France, and Singapore dan mendapatkan Master of Business Administration di Universitas Chicago.

Ilham pernah menjadi Direktur Marketing PT Dirgantara Indonesia, Ketua Dewan TIK Nasional hingga Ketua Umum Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia. Berkat jasa-jasanya, Ilham Akbar Habibie mendapatkan penghargaan Bintang Satyalancana Wira Karya dan Adikarsa Pemuda.

2. Thareq Kemal Habibie
Berikutnya ada Thareq Kemal Habibie. Ia adalah anak kedua dari BJ Habibie dan Ainun.

Dalam riwayatnya, Thareq Pernah menempuh pendidikan pascasarjana di Jurusan Teknik Sipil, University Carolo Wilhelmina Braunschweig (Technische Universität Braunschweig). Ia juga dikenal sebagai anggota the Habibie Center bersama kakaknya, Ilham Akbar Habibie.

D. Presiden Abdurrahman Wahid

1. Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid
Alissa adalah anak sulung pasangan Gus Dur dan Sinta Nuriyah. Lahir pada 25 Juni 1973, ia dikenal karena kontribusinya di sektor sosial, khususnya tentang multikulturalisme, demokrasi dan hak asasi manusia, serta gerakan Muslim moderat di Indonesia.

Pada perjalanan kariernya, Alissa pernah ditunjuk Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional sebagai Duta Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia pada 2019. Pada Mei 2021, PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) menunjuknya sebagai Komisaris Independen.

2. Zannuba Ariffah Chafsoh Wahid
Lebih dikenal sebagai Yenny Wahid, putri kedua Gus Dur ini lahir di Jombang, Jawa Timur, 29 Oktober 1974. Ia menjadi anak Gus Dur yang cukup sering masuk pemberitaan.

Sempat menjadi wartawan, Yenny meninggalkan profesinya setelah ayahnya terpilih menjadi Presiden ke-4 RI. Pada era Presiden SBY, Yenny Wahid pernah menjabat sebagai Staf Khusus Bidang Komunikasi Politik sekitar 2006.

3. Anita Hayatunnufus Wahid
Berikutnya ada Anita Wahid. Lahir di Jombang, 29 November 1977, ia dikenal sebagai salah satu penggerak Gusdurian. Selain itu, ia juga dikenal sebagai inisiator gerakan Sejuta Tes Antigen dan Presidium Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo).

4. Inayah Wulandari Wahid
Putri bungsu Gus Dur ini lahir pada 31 Desember 1982. Ia merupakan pendiri Positive Movement (PM), organisasi yang bergerak di bidang sosial dan fokus pada isu tenaga kerja Indonesia (TKI) hingga hak asasi manusia (HAM).

E. Presiden Megawati Soekarnoputri

1. Mohammad Rizki Pratama
Mohammad Rizki Pratama adalah anak sulung Megawati Soekarnoputri. Pada kariernya, ia lebih memilih berwirausaha dan tidak terjun ke dunia politik, sehingga jarang terekspos media.

2. Mohammad Prananda Prabowo
Berikutnya ada Mohammad Prananda Prabowo. Ia terjun ke dunia politik menemani sang Ibu dan adiknya di PDI Perjuangan.

Meski jarang diketahui, Prananda pernah ditunjuk sebagai Ketua DPP PDIP Bidang Ekonomi Kreatif dalam struktur kepengurusan PDIP periode 2015-2020. Selain itu, ia juga sempat menjadi konseptor pidato politik Megawati.

3. Puan Maharani
Puan menjadi anak Megawati yang paling dikenal. Sepak terjangnya di politik sudah diketahui banyak orang. Saat ini, ia menjabat sebagai Ketua DPR RI.

F. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

1. Agus Harimurti Yudhoyono
Saat ini, AHY menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. Mengikuti jejak sang ayah, pria kelahiran Bandung, 10 Agustus 1978 cukup aktif dalam dunia politik Tanah Air.

2. Edhie Baskoro Yudhoyono
Edhie Baskoro Yudhoyono adalah adik dari AHY. Tak berbeda jauh, pria kelahiran Bandung, 24 November 1980 itu juga aktif di jagat politik.

Biasa disapa Ibas, ia dikenal sebagai salah satu politisi kenamaan Partai Demokrat. Ibas menjadi anggota DPR RI sejak 2009.

G. Presiden Joko Widodo

1. Gibran Rakabuming Raka
Gibran adalah anak pertama Jokowi dan Iriana. Lahir di Surakarta, 1 Oktober 1987, ia menikah dengan Selvi Ananda dan sudah dikaruniai dua orang anak yaitu Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah.

Awalnya, Gibran menekuni profesi sebagai pengusaha. Setelahnya, ia masuk politik dan menjadi Wali Kota Solo. Gibran maju dalam kontestasi Pilpres 2024 menjadi calon wakil presiden (cawapres) berpasangan dengan Prabowo Subianto

2. Kahiyang Ayu
Kahiyang Ayu lahir pada 20 April 1991. Putri Presiden Jokowi ini adalah alumni Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Kahiyang menikah dengan Bobby Nasution pada 8 November 2017. Keluarganya telah dikaruniai tiga orang anak yaitu Sedah Mirah Nasution, Panembahan Al Nahyan Nasution, dan Panembahan Al Saud Nasution.

3. Kaesang Pangarep
Kaesang adalah putra bungsu Jokowi dan Iriana. Seperti Gibran, awalnya Kaesang tidak menekuni dunia politik. Namun, setelahnya ia masuk politik dan menjadi Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Kaesang menikah dengan Erina Gudono pada 10 Desember 2022.

Demikianlah ulasan mengenai anak-anak Presiden RI dari masa ke masa.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1743 seconds (0.1#10.140)