Haidar Alwi Yakin Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran

Sabtu, 10 Februari 2024 - 18:28 WIB
loading...
Haidar Alwi Yakin Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran
Capres-cawapres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka saat kampanye akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (10/2/2024). FOTO/MPI
A A A
JAKARTA - Pendiri Haidar Alwi Institute (HAI), R Haidar Alwi yakin pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menang satu putaran. Hal itu setelah melihat hasil survei terbaru dari 5 lembaga survei.

"Semuanya dimenangkan Prabowo-Gibran dengan elektabilitas di atas 50%. Ini menguatkan hasil survei puluhan lembaga survei sebelumnya," kata R Haidar Alwi dalam keterangannya dikutip, Sabtu (10/2/2024).

Menurutnya, elektabilitas Prabowo-Gibran sudah tidak terkejar dua pesaingnya mengingat sisa waktu menjelang Pemilu 2024 tinggal beberapa hari lagi. Terlebih, tren elektabilitas Prabowo-Gibran cenderung meningkat, sedangkan dua pesaingnya stagnan.

"Pesaing terdekatnya yaitu Anies-Muhaimin hanya berkisar di angka 25% atau hanya setengah dari elektabilitas Prabowo-Gibran. Sementara Ganjar-Mahfud di bawah 20%," kata Haidar Alwi.

Ia percaya hasil perhitungan suara setelah pencoblosan nanti tidak akan berbeda jauh dengan hasil survei tersebut. Namun, ada tugas besar yang menanti yaitu bagaimana mengawal kemenangan itu dan memastikan suara rakyat tidak dicuri.

"Dengan undecided voters rata-rata 5%, saya yakin kemenangan Prabowo-Gibran satu putaran," ujarnya.

Berikut hasil survei terbaru 5 lembaga survei:

1. Indikator Politik Indonesia

Prabowo-Gibran 51,8%
Anies-Muhaimin 24,1%
Ganjar-Mahfud 19,6%
Undecided Voters 4,5%

2. Poltracking
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1704 seconds (0.1#10.140)