Jokowi Minta Mahathir Lindungi TKI di Malaysia

Jum'at, 29 Juni 2018 - 17:01 WIB
Jokowi Minta Mahathir Lindungi TKI di Malaysia
Jokowi Minta Mahathir Lindungi TKI di Malaysia
A A A
BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan terbatas dengan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. Ada sejumlah isu penting dibahas dalam pertemuan ini, salah satunya terkait tenaga kerja Indonesia (TKI).

Kepada Mahathir, Jokowi menitipkan perlindungan TKI di Malaysia. Tak hanya itu, isu pendidikan bagi anak-anak Indonesia di Malaysia juga dibahas oleh dua kepala negara.

"Kami juga menitipkan perlindungan bagi tenaga kerja Indonesia yang berada di Malaysia, juga pembangunan sekolah-sekolah bagi anak-anak Indonesia yang berada di Malaysia," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/6/2018).

Terkait pendidikan anak-anak Indonesia di Malaysia, Mahathir mengatakan perlu ada perhatian khusus terkait hal tersebut. Mahathir mengatakan, banyak WNI yang masuk ke Malaysia, baik melalui jalur legal maupun ilegal. Tak jarang WNI yang datang ke Malaysia tersebut membawa keluarga.

Mahathir mengatakan, anak-anak para pendatang dari Indonesia itu harus mendapatkan pendidikan Indonesia. Meski sudah terdapat beberapa sekolah Indonesia di Malaysia, Mahathir mengatakan jumlah itu belum mencukupi.

"Di semenanjung kita sudah ada beberapa sekolah meski tidak mencukupi. Di Sabah, Sarawak, belum ada sekolah-sekolah Indonesia untuk mereka. Ini akan kita perbaiki," kata Mahathir.

Dalam pertemuan itu, Jokowi dan Mahathir juga membahas isu internasional, salah satunya terkait itu Laut China Selatan. Terkait isu ini, kedua negara berkomitmen untuk mengedepankan aturan berbasis hukum internasional.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8933 seconds (0.1#10.140)