Soal Industri Halal, Perlunya Perkuat Kolaborasi Global

Jum'at, 02 Februari 2024 - 20:16 WIB
loading...
Soal Industri Halal, Perlunya Perkuat Kolaborasi Global
Makkah Halal Forum, Makkah pada 30 Januari 2024. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Masalah sertifikasi dan industri halal terus menjadi perbincangan publik. Hal ini diharapkan agar menumbuhkan saling kolaborasi antara pemangku kepentingan. Pandangan ini terungkap dalam dalam Makkah Halal Forum, Makkah pada 30 Januari 2024.

Halalin melalui CEO, Yuliana Z Mega menyampaikan, fokus utama acara ini ada pada inovasi, sertifikasi, pemasaran, dan pertumbuhan ekonomi dalam industri halal. Lebih lanjut ia menjelaskan, Makkah Halal Forum merupakan platform Internasional yang dihadiri oleh pemangku kepentingan Industri Halal dari Seluruh Dunia.

"Para pemimpin industri, peneliti, lembaga sertifikasi, perwakilan pemerintah, dan pelaku ekonomi hadir untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan ide-ide inovatif dalam rangka mendorong pertumbuhan dan perkembangan industri halal. dan Halalin adalah satu satunya startup yang hadir dari Indonesia," kata Yuliana dalam keterangannya, Jumat (2/2/2024).

Lebih lanjut pebisnis wanita ini menyampaikan bahwa sebagai agregator Halal Industri terdapat tujuan utama halalin hadir pada acara ini.

"Antara lain memperkuat kolaborasi global, dalam forum khusus untuk pemangku kepentingan industri halal dari berbagai negara untuk saling berinteraksi, berkolaborasi, dan menjalin kemitraan strategis dalam memperluas peluang perdagangan internasional dalam industri halal seperti pertemuan ini," ungkapnya.

Selain itu menurutnya interaksi antara Halalin bersama Maan Taha El Edresi Manager dari Halal Devco Saudi Arabia, Mohammed S Rizg Executive dari Council of Saudi Chambers, Abdulmaalik Tailor Director dari Halal Cruises UK, Adviser dari Bosnia & Herzegovina Ministry of Foreign Affairs dan negara lain membuka koneksi lebih luas.

"Acara ini menjadi platform bagi para pemimpin industri, pakar, dan peneliti untuk berbagi pengetahuan terkini tentang perkembangan terbaru dalam teknologi, produk, dan layanan halal sesuai dengan kebutuhan konsumen global," Sebutnya.

Menurut Yuliana, Meningkatkan kesadaran akan pentingnya sertifikasi halal menjadi urgensi tersendiri.

"Acara ini akan membahas pentingnya sertifikasi halal yang sah dan terpercaya bagi produk dan jasa tentang proses sertifikasi, tantangan yang dihadapi, dan manfaat yang dapat diperoleh melalui sertifikasi halal yang akurat demi memperkuat kepercayaan konsumen terhadap produk halal," paparnya.

Kemudian ia menyampaikan, memperluas pasar dan promosi produk halal melalui acara ini akan mendorong pertumbuhan pasar global bagi produk halal melalui pemetaan pasar potensial, strategi pemasaran, dan promosi produk halal yang efektif.

"Makkah merupakan kota suci bagi umat Muslim di seluruh dunia dan sering kali menjadi pusat perhatian global dalam hal kegiatan spiritual, budaya, dan komersial." Yakinnya.

Lebih dari itu ia menganggap Makkah menyediakan lingkungan yang ideal untuk acara ini dengan infrastruktur modern dan fasilitas yang memadai.

"Indonesia merupakan satu-satunya negara yang ada di dunia yang sudah mempunyai undang-undang halal secara lengkap dan teperinci, dan juga pasar Muslim tiga terbesar dunia, dan dalam menuju Indonesia Emas," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)