PKB Pastikan Usung Gus Ipul sebagai Calon Wali Kota Pasuruan

Rabu, 12 Agustus 2020 - 15:26 WIB
loading...
PKB Pastikan Usung Gus Ipul sebagai Calon Wali Kota Pasuruan
Syaifullah Yusuf membawa karung berisi sejumlah barang saat meninggalkan rumah dinas Wakil gubenrur Jawa Timur, di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (12/2/2019). Foto: SINDOnews/Ali Masduki
A A A
JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) memastikan bakal mengusung mantan Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf alias Gus Ipul sebagai calon wali kota Pasuruan.

Kepastian itu disampaikan Sekjen DPP PKB Hasanuddin Wahid. Usulan pencalonan Gus Ipul sebagai wali kota Pasuruan datang dari DPC PKB Kota Pasuruan dan kalangan NU setempat.

"Usulan dari DPC PKB Kota Pasuruan untuk calon wali kota Pasuruan adalah Gus Ipul. Bagi DPP kalau itu yang terbaik bagi Kota Pasuruan dan itu usulan dari keluarga besar NU dan PKB, pasti kita (DPP) amini," ujar Hasan di sela peluncuran Gerakan Bangkit Belajar di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Rabu (12/8/2020).

(Baca: Anak Dahlan Iskan Digadang Maju Pilkada Surabaya, PKB: Sebaiknya Nahdliyin)

Hasan mengklaim bahwa Gus Ipul sudah dipastikan akan menyetujui usulan pencalonannya. Sebab usulan itu datang dari DPC PKB dan NU. "Gus Ipul sepertinya mengamini permintaan itu," kata Hasan.

Setelah dua periode mendampingi Soekarwo sebagai wakil gubernur, Gus Ipul mencoba maju sebagai calon gubernur Jawa Timur berpasangan dengan politikus PDIP yang juga cucu Bung Karno, Puti Soekarnoputri.

Namun langkahnya gagal setelah kalah dari pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Ernesto Dardak. Pasca kekalahan tersebut,Gus Ipul lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengelola usaha sembari tetap merawat basis massa.

Pasuruan sendiri bukanlah wilayah asing bagi Gus Ipul karena dia memang berasal dari kawasan ini. Adiknya, Irsyad Yusuf atau biasa disapa Gus Irsyad, juga sedang menjalani periode kedua kekuasaanya sebagai Bupati Pasuruan.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1257 seconds (0.1#10.140)