Kampanye di NTT, Kaesang Ungkap Hal Ini

Rabu, 31 Januari 2024 - 17:04 WIB
loading...
Kampanye di NTT, Kaesang Ungkap Hal Ini
Kaesang Pangarep, saat kampanye akbar di Lapangan Lasitarda Lasiana, Kupang, NTT, Rabu (31/1/2024). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kaesang Pangarep menggelar kampanye di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kampanye tersebut tepatnya di Lapangan Lasitarda Lasiana, Kupang, NTT, Rabu (31/1/2024).

Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini mengungkapkan tentang posisi partainya. Kaesang menyebut dirinya sudah tahu sejak lama perihal hasil survei yang menunjukkan partainya memperoleh suara lebih dari 4 persen atau melampaui ambang batas parlemen yang menjadi syarat mendapat kursi DPR.

"Udah tahu lama. Saya sudah tahu," kata Kaesang usai Kampanye Akbar PSI di Lapangan Lasitarda Lasiana.

Berdasarkan survei terbaru Data Riset Analitika, PSI memperoleh suara sampai 4,3 persen. Jumlah persentase tersebut telah melampaui syarat ambang batas parlemen 4 persen yang memungkinkan partai yang mengklaim sebagai partai anak muda tersebut masuk ke DPR setelah gagal pada Pemilu 2019.

Direktur Eksekutif Data Riset Analitika Nana Kardina menyebut peluang PSI lolos ke Senayan disumbang oleh asosiasi partai dengan Presiden Joko Widodo, terutama sejak masuknya Kaesang, serta dukungan terhadap Prabowo-Gibran.

Menurutnya, perpecahan Jokowi dengan PDIP memberi peluang bagi PSI untuk berkembang menjadi kendaraan politik bagi Jokowi.

"Masuknya PSI ke Senayan bisa menjadi saluran kepentingan Jokowi di arena legislatif, sedangkan Prabowo-Gibran menguasai eksekutif," tutur Nana.

Elektabilitas PSI mulai menanjak secara perlahan sejak Kaesang menjabat Ketua Umum. Bahkan, Kaesang menyebut PSI telah menempati posisi elektabilitas tertinggi ketiga di NTT berdasarkan hasil survei terbaru.

Kaesang tengah menjalani rangkaian Kampanye Akbar PSI sejak Selasa (30/1) hingga Kamis (1/2/2024) di Pontianak, Kupang, Manado, dan Malang.

KPU menetapkan peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1429 seconds (0.1#10.140)