Imbas Debat Cawapres, Warga Madura dan Jawa Timur Kritisi Etika Gibran

Jum'at, 26 Januari 2024 - 14:03 WIB
loading...
Imbas Debat Cawapres, Warga Madura dan Jawa Timur Kritisi Etika Gibran
Etika Cawapres nomor urut 2 yakni Gibran mendapat kritikan dari masyarakat Madura dan Jawa Timur imbas dari debat cawapres belum lama ini dilaksanakan. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Etika Cawapres nomor urut 2 yakni Gibran Rakabuming Raka mendapat kritikan dari masyarakat Madura dan Jawa Timur, imbas dari debat calon wakil presiden yang belum lama ini dilaksanakan.

Reaksi masyarakat tersebut ditujukan dengan adanya baliho dan spanduk yang tidak diketahui dipasang oleh siapa, viral. Sebab narasi spanduk tersebut yang bertuliskan pernyataan penolakan Gibran Rakabuming sebagai cawapres.

Spanduk-spanduk tersebut tersebar di berbagai kawasan seperti di Bangkalan Madura, Kota Malang, dan di Kabupaten Jember. Narasi dalam spanduk tersebut beragam, namun menuju kepada satu pernyataan yakni menolak Gibran karena perbuatan miskin etika yang Ia lakukan ketika sedang melakoni debat cawapres kontra Mahfud MD.

Pedagang setempat yang diwawancarai merespon baik baliho yang dipasangkan di sekitar tempatnya ini. "Ya ini adalah akibat dari seseorang yang gapunya etika dan merendahkan orang yang lebih tua. Ini lah respons kami sebagai masyarakat," ucap Sutomo, seorang pedagang di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jumat (26/1/2024).

Saat ditanyakan kepada masyarakat sekitar mengenai siapa yang melatarbelakangi aksi pemasangan baliho penolakan Gibran ini, mereka mengaku tidak mengetahui. Mereka menyatakan bahwa baliho itu adalah buah dari kelakuan Gibran dan tidak perlu menyalahkan orang yang memasang spanduk tersebut.

Contohnya adalah spanduk bertuliskan “Yang Tidak Beretika Dilarang Masuk Kampung Ini” yang kami temukan di kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

"Kepada Gibran, tidak usah nyari orang di balik pemasangan spanduk ini. Ini adalah suara kami, kalau kalian tangkap orang kami maka kami akan lawan," tutup Sutomo.

Menurut masyarakat, jelas ini adalah media mereka untuk menyatakan ketidaksetujuan dan kekecewaan mereka terhadap perlakuan Gibran di debat cawapres kemarin.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)