Jokowi dan Xanana Gusmao Tanam Pohon Merawan di Halaman Belakang Istana Bogor

Jum'at, 26 Januari 2024 - 10:16 WIB
loading...
Jokowi dan Xanana Gusmao Tanam Pohon Merawan di Halaman Belakang Istana Bogor
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao menanam pohon merawan (hope odorata) bersama di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/1/2024). Foto/YouTube Setpres
A A A
BOGOR - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) dan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao menanam pohon merawan (hope odorata) bersama di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/1/2024). Keduanya juga tampak menyiram pohon secara bersama-sama setelah ditanam.

Keduanya kemudian mengadakan pertemuan bilateral di Ruang Oval. Mereka berjalan kaki dari lokasi penanaman pohon tersebut. Sebelumnya, Jokowi menyambut kunjungan kenegaraan Xanana Gusmao di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/1/2024).

Iring-iringan kendaraan PM Xanana tiba di pintu gerbang Istana Bogor dengan diiringi pasukan nusantara, pasukan berkuda, dan korps musik pasukan pengamanan presiden (paspampres). Jokowi kemudian menyambut Xanana saat turun dari mobil dan langsung bersalaman.



Prosesi penyambutan kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan kenegaraan dengan diperdengarkannya lagu kebangsaan kedua negara dan diiringi dentuman meriam sebanyak 21 kali. Setelah dentuman meriam selesai, kedua pemimpin kemudian melakukan inspeksi pasukan kehormatan.

Dalam upacara penyambutan kali ini juga dilangsungkan parade pasukan kehormatan. Parade pasukan TNI dari tiga matra tersebut melintas di hadapan Presiden Jokowi dan Xanana sambil memberikan penghormatan.

Selanjutnya, kedua pemimpin negara memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara yang turut hadir mengikuti upacara. Delegasi Indonesia yang hadir yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri BUMN Erick Thohir, Menkominfo Budi Arie Setiadi, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Setelah memperkenalkan masing-masing delegasi, Jokowi kemudian mengajak PM Xanana untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu kenegaraan di Ruang Teratai. Setelah itu, keduanya menuju veranda belakang Istana Bogor untuk kemudian berbincang sejenak.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1312 seconds (0.1#10.140)