Terima Pesawat C-130J-30 Super Hercules, Jokowi: Bagus untuk Negara Sebesar Indonesia

Rabu, 24 Januari 2024 - 13:28 WIB
loading...
Terima Pesawat C-130J-30 Super Hercules, Jokowi: Bagus untuk Negara Sebesar Indonesia
Presiden Jokowi melakukan penyiraman pesawat C130J A-1344 Super Hercules di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Foto/MPI/raka dwi novianto
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan langsung penyerahan pesawat C130J A-1344 Super Hercules . Penyerahan tersebut digelar di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Pantauan di lokasi, Jokowi tiba bersama Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto pukul 08.23 WIB. Keduanya sama-sama mengenakan kemeja putih. Ikut menyambut Jokowi, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali, dan KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.1

Setelah tiba di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jokowi bersama rombongan langsung masuk ke dalam pesawat untuk melakukan pengecekan. Jokowi juga masuk ke ruang kokpit dan menjajalnya. Setelahnya, secara simbolis Presiden Jokowi melakukan pecah kendi dan penyiraman di pesawat Hercules A-1344.



"Tadi kita menyaksikan baru saja dilakukan penyerahan pesawat C-130J-30 Super Hercules. Ini adalah pesawat angkut yang telah kita pesan beberapa tahun yang lalu dan penting sekali baik untuk keperluan perang maupun non perang, bisa mengangkut 120 prajurit dan kira-kira 20-an ton," kata Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (24/1/2024).

Menurut Jokowi, pesawat C-130J-30 Super Hercules sangat cocok untuk Indonesia sebagai negara kepulauan. "Saya kira sangat bagus untuk negara sebesar Indonesia, negara kepulauan yang kadang-kadang airportnya hanya memiliki runway yang pendek. Nah ini bisa didarati oleh Super Hercules ini dan bisa terbang kira-kira 11 jam nonstop," kata Jokowi.


Super Hercules tersebut merupakan pesawat keempat dari lima pesawat yang dipesan oleh Kemhan RI untuk memperkuat armada pesawat angkut TNI AU. Pesawat angkut berat C-130J-30 Super Hercules dengan tail number A-1344 ini diterbangkan ke Tanah Air dari pabriknya di Marietta, Georgia, Amerika Serikat pada 16 Januari 2023 dan di Lanud Halim Perdanakusuma pada Senin, 22 Januari 2024.

Selain pesawat C-130J-30 Super Hercules, pada kesempatan tersebut Menhan Prabowo juga secara simbolis menyerahkan hasil refurbishment helikopter Fennec dan suku cadangnya kepada TNI AD yang diterima oleh KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Termasuk hasil refurbishment dan suku cadang kritis helikopter Panther AS 565 MBE kepada TNI AL yang diterima oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali.

Jokowi pun menyambut baik penyerahan kedua helikopter hasil refurbishment tersebut. "Ya bagus, saya kira semuanya harus disiapkan karena untuk mendukung fregat kita, bisa turun di fregat kita saya kira heli-heli seperti fennec itu sangat penting," ungkapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2460 seconds (0.1#10.140)